Pengelola Borobudur Berharap Wisatawan Memanfaatkan Libur Waisak

- Rabu, 26 Mei 2021 | 09:05 WIB
Sejumlah wisatawan berada di lapangan Kenari kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, (ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.)
Sejumlah wisatawan berada di lapangan Kenari kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, (ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.)

Pengelola Taman Wisata Candi Borobudur berharap wisatawan tetap memanfaatkan hari libur Waisak pada Rabu (26/5) untuk berkunjung ke Borobudur meskipun tidak ada perayaan Waisak di candi Buddha terbesar di dunia tersebut.

Customer Experience Manager Tamam Wisata Candi Borobudur Ikhsan Tarimo di Magelang, Selasa, mengatakan dengan ditiadakannya perayaan Waisak di Borobudur tahun ini tentu berdampak terhadap kunjungan wisata.

Menurut dia dalam kondisi normal, saat ada perayaan Waisak memang banyak wisatawan yang datang ke Borobudur untuk melihat prosesi Waisak.

Baca Juga: Fenomena Langka, Gerhana Bulan Total Bertepatan Hari Raya Waisak Terjadi 190 Tahun Lagi

"Apalagi, perayaan Waisak sebelum pandemi di malam hari ada kegiatan pelepasan lampion, hal ini cukup menarik bagi wisatawan," katanya seperti dilansir dari Antara.

Ia menyampaikan dengan tidak adanya perayaan Waisak tentu wisatawan yang datang ke sini akan berkurang, ditambah saat ini masih ada pengetatan bahkan berdasarkan informasi yang diterima dua minggu ke depan di bulan Juni 2021 akan ada penerapan PPKM kembali.

"Penerapan PPKM mungkin juga akan menghambat masyarakat yang akan melakukan perjalanan antardaerah, tentu akan ada dampak penurunan kunjungan," katanya.

Ia berharap pada libur Waisak besuk wisatawan lokal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta bisa memanfaatkannya untuk melakukan kegiatan wisata mengunjungi Borobudur. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X