PDIP DKI Soroti Harta Kekayaan Anies Baswedan yang Naik 2 Kali Lipat

- Jumat, 10 September 2021 | 12:26 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (INDOZONE)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (INDOZONE)

Jumlah kekayaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang naik dua kali lipat selama tiga tahun menjabat berdasarkan data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) disoroti Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta.

Terkait hal tersebut, Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menilai penambahan harta sebesar itu tidak mungkin berasal hanya dari gaji. Apalagi harta Anies bertambah sebanyak Rp5 miliar lebih.

"Kalau dari penghasilan atau gaji gubernur rasanya juga agak sulit kalau sampai 2 kali lipat dari kekayaan semula rasanya juga agak sulit kalau dari sisi gaji seorang gubernur ya," ucapnya saat dikonfirmasi, Jumat (10/9/2021).

Oleh sebab itu, Gembong memperkirakan orang nomor satu di Jakarta itu memiliki pendapatan lain di luar gajinya. Namun, ia tak mau memberikan penilaian wajar atau tidaknya Anies mendapatkan kenaikan harta seperti itu.

"Ya harta seseorang kan kita nggak tahu sumbernya dari mana," ungkap Gembong.

Lebih lanjut, ia pun tidak mau mempermasalahkan lebih jauh soal kenaikan harta Anies tersebut. Menurut Gembong, yang paling penting bukan jumlahnya, melainkan cara mendapatkannya.

"Sepanjang sumbernya itu diperoleh dengan cara yang wajar, ya saya kira rejeki kan nggak ada yang tahu. Bagi saya bukan masalah kenaikannya," tandasnya.

BACA JUGA: Update Corona Dunia 10 September: Pasien Sembuh Tembus 200 Juta

Seperti diketahui sebelumnya, berdasarkan data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2020, Anies Baswedan tercatat memiliki total kekayaan sebesar Rp10.915.550.262.

Jumlah itu adalah hasil akumulasi kekayaan Anies Baswedan setelah dikurangi utangnya. Sehingga, total tersebut bertambah dua kali lipat dari awal dirinya menjabat sebagai gubernur pada 2017 lalu yakni, Rp5,6 miliar. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X