Bambang Berharap Vaksin Merah Putih Bisa Isi Kebutuhan Jangka Panjang

- Rabu, 14 Oktober 2020 | 23:46 WIB
  Peneliti meriset pembuatan vaksin Merah Putih di Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Peneliti meriset pembuatan vaksin Merah Putih di Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang PS Brodjonegoro berharap vaksin Merah Putih dapat mengisi kebutuhan vaksin jangka menengah dan panjang bagi masyarakat Indonesia.

Hal itu disampaikan Bambang selaku Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang dalam seminar virtual Vaksin Merah Putih: Tantangan dan Harapan, di Jakarta, Rabu (14/10/2020).

"Kita harapkan vaksin Merah Putih ini paling tidak mengisi kebutuhan jangka menengah dan panjang jangka pendeknya karena memang sebagian vaksin ini belum akan siap akhir tahun dan awal tahun depan," kata dilansir Antara.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan bahwa jika sudah ada vaksin COVID-19 lain yang berasal dari luar dan terbukti, serta sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), maka tentunya vaksin itu akan dipakai di tahap awal.

Namun, untuk di pertengahan tahun atau triwulan III 2021, Menristek berharap sudah mulai ada produksi dari vaksin Merah Putih.

"Tentunya kami juga meminta dukungan Bio Farma agar bisa melakukan hilirisasi dan produksi massal dari vaksin tersebut," ujarnya.

"Swasta ini mereka punya fasilitasnya punya teknologinya tapi tetap experience (pengalaman) itu sangat penting apalagi kalau sudah menyangkut uji klinis," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X