Studi: Kursi Tengah Pesawat Dibiarkan Kosong Mengurangi Risiko Penyebaran Virus Corona

- Kamis, 15 April 2021 | 13:52 WIB
Ilustrasi pesawat (Pexels/Gratisography)
Ilustrasi pesawat (Pexels/Gratisography)

Sebuah penelitian baru mengatakan membiarkan kursi tengah terbuka dapat memberi penumpang lebih banyak perlindungan dari virus corona yang menyebabkan Covid-19.

Peneliti mengatakan, risiko penumpang terpapar virus dari orang yang terinfeksi di pesawat bisa berkurang 23% hingga 57% jika kursi tengah kosong, dibandingkan dengan penerbangan penuh.

Studi yang dirilis Rabu mendukung tanggapan maskapai penerbangan yang membatasi tempat duduk di awal pandemi. Namun, semua maskapai penerbangan A.S. kecuali Delta sekarang menjual setiap kursi yang mereka bisa, dan Delta akan berhenti memblokir kursi tengah pada 1 Mei.

Para peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS dan Kansas State University memperkirakan seberapa jauh partikel virus di udara berjalan di dalam pesawat. Mereka menggunakan boneka yang mengeluarkan aerosol untuk mengukur aliran partikel virus melalui mock-up kabin maskapai.

Namun, studi tersebut tidak memperhitungkan pemakaian masker karena berdasarkan studi sebelumnya yang dilakukan pada 2017, sebelum pandemi. Juga tidak mempertimbangkan apakah penumpang divaksinasi COVID-19.

CDC mengatakan orang yang divaksinasi dapat melakukan perjalanan dengan risiko rendah untuk diri mereka sendiri, meskipun badan tersebut masih merekomendasikan untuk tidak melakukan perjalanan yang tidak penting.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X