Bamsoet: Demi Keutuhan NKRI, Tindakan Tegas Kepada KKB Bukan Pelanggaran HAM

- Rabu, 28 April 2021 | 20:54 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Istimewa)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Istimewa)

Tindakan tegas terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB) bukalah sesuatu yang melanggar HAM apalagi sudah banyak korban akibat KKB.

Hal ini diungkapkan Ketua MPR Bambang Soesatyo mengingat aksi kekerasan yang dilakukan KKB yang telah mengancam keselamatan rakyat.

Dilansir Antara, Bamsoet mengatakan negara berkewajiban merespons dengan tegas aksi KKB yang memerangi negara selama ini, yang ditandai dengan pembunuhan Kabinda Papua, sejumlah prajurit TNI-Polri, warga sipil hingga pembakaran sekolah, rumah, dan properti lain milik masyarakat.

Penegasan itu menanggapi pernyataan sikap dan pola pikir PBHI dalam memandang kekerasan bersenjata yang berkelanjutan di tanah Papua, yang sudah begitu banyak menelan korban jiwa.

"PBHI harusnya juga menghayati dan bersimpati kepada semua pihak yang anggota keluarganya menjadi korban kekerasan bahkan pembunuhan oleh KKB," kata Bamsoet.

Ketua DPR RI ke-20 itu juga menegaskan, untuk keutuhan NKRI dia siap bertanggung jawab.

"Yang penting para pembunuh, anggota gerakan separatis dan teroris yang tidak peduli HAM, itu musnah dan rata dulu," kata dia.

Sehingga rakyat Papua lanjut Bamsoet bisa hidup tenang dan damai kembali.

"Jika ada yang mempersoalkan statement saya, soal HAM kita bicarakan kemudian, sebagai pimpinan MPR saya siap pasang badan dan bertanggung jawab," ucapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X