Diskominfo Sebut Ada 562 Pemudik yang Masuk ke Gunung Kidul

- Senin, 10 Mei 2021 | 10:40 WIB
 Kepolisian Resor Gunung Kidul melakukan penyekatan mudik di Patuk. (Foto ANTARA/Sutarmi)
Kepolisian Resor Gunung Kidul melakukan penyekatan mudik di Patuk. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat terdapat sekitar 562 pemudik yang telah tiba di wilayah ini hingga Minggu (9/5). Informasi tersbut berdasarkan hasil Sistem Informasi Desa yang dimiliki setiap desa.

Kepala Diskominfo Gunung Kidul Kelik Yuniantoro di Gunung Kidul, Minggu (09/05), mengatakan bahwa total pemudik sebanyak 562 pemudik yang terdata di Sistem Informasi Desa (SID) terdiri dari pemudik lokal antar DIY mendominasi karena mencapai 467 orang.

Sedangkan sisanya yang pulang dari Jakarta sebanyak 38 orang, Jawa Barat ada 33 orang, Jawa Tengah 12 orang dan Jawa Timur terdapat sembilan pemudik, serta luar Pulau Jawa ada enam orang.

"Pemudik yang tercatat ini merupakan akumulasi dari data dari SID di setiap desa. Adapun teknis pendataan, di setiap desa menyiapkan petugas untuk mendata kemudian memasukkan dalam aplikasi tersebut," kata Kelik.

Ia mengatakan bahwa jumlah pemudik yang pulang adalah hasil rekapan dalam SID. Sehingga jumlahnya bisa berubah setiap harinya. Data tersebut masih berpotensi terus berkembang setiap harinya. Ia mengimbau kepada pemudik untuk menjaga 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

"Pemudik juga harus mengisolasi diri tanpa harus melakukan komunikasi dengan tetangga terlebih dahulu," katanya.

Walaupun pemudik yang lolos penyekatan terus bertambah, Kelik mengklaim jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah pemudik di tahun lalu. Sebagai gambaran, jelang lebaran 2020, jumlah penambahan pemudik mencapai ratusan orang setiap harinya. Namun, untuk tahun ini pertambahan kurang dari 100 orang per hari.

Kondisi ini terjadi karena efektiftas dari penyekatan yang dilakukan secara ketat dan lebih intens. Selain itu, sosialisasi agar untuk tidak mudik saat lebaran juga dinilai berhasil.

"Imbauan untuk tidak mudik dan program penyekatan dilakukan lebih masif di tahun ini. Hal ini terbukti dari jumlah pemudik yang tiba di Gunung Kidul tidak sebanyak tahun lalu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Pacarejo, Semanu, Suhadi mengatakan bahwa hingga Minggu siang sudah ada tujuh pemudik yang nekat pulang ke Pacarejo, jelang lebaran. Sesuai dengan instruksi dari pemkab, pemudik yang pulang akan didata untuk kemudian diinput ke SID.

Pendataan pemudik di Pacarejo ada tiga petugas. Masing-masing petugas untuk mendata mulai dari Pacarejo timur, tengah dan barat. Pendataan dibagi dalam tiga zonasi yang diharapkan mampu memantau secara rinci jumlah pemudik yang datang.

"Sampai saat ini terpantau ada tujuh orang ini kebanyakan berasal dari Jabodetabek,” kata Suhadi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X