Ajaib! Rumah Ini Selamat dari Terjangan Lava Gunung Cumbre Vieja

- Minggu, 26 September 2021 | 22:06 WIB
Rumah yang selamat dari terjangan lava (Alfonso Escalero / I LOVE THE WORLD)
Rumah yang selamat dari terjangan lava (Alfonso Escalero / I LOVE THE WORLD)

Gunung berapi Cumbre Vieja di Pulau Canary,  La Palma, Spanyol, menyemburkan lava saat erupsi pada Minggu (19/9/2021). 

Aliran lava ini menghancurkan ratusan rumah yang "menghalangi" jalannya, sementara ribuan orang mengungsi. Para ilmuwan belum bisa memprediksi berapa lama letusan akan berlangsung.

Di tengah-tengah kengerian, viral foto dramatis yang memperlihatkan sebuah rumah berdiri sendirian tanpa kerusakan apa pun, sementara lava mengalir di sisinya.

Foto yang dijepret oleh fotografer bernama Alfonso Escalero itu seakan diampuni oleh lava Gunung berapi Cumbre Vieja dan memilih melewatinya begitu saja.

Dilansir El Mundo, Minggu (26/9/2021), rumah tersebut dimiliki oleh  pensiunan Denmark, Inge dan Ranier Cocq. Mereka tidak menempati rumah ini sejak pandemi merebak.

"Meskipun kami tak bisa pergi ke sana sekarang, kami lega karena rumah itu masih berdiri," kata pasangan ini.

Meski begitu, orang yang membangun rumah tersebut, Ada Monnikendam merasa sedih melihat rumah itu sendirian dikelilingi lava tanpa ada yang merawatnya.

Sementara itu, Pemerintah Kepulauan Canary mengumumkan akan membangun perumahan untuk warga yang kehilangan tempat tinggal karena terjangan lava.

Diketahui, gunung berapi ini terakhir kali mengalami letusan besar di tahun 1971 dan merupakan salah satu gunung vulkanik aktif. Setelah 50 tahun tertidur, gunung ini kembali memuntahkan lavanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X