Peristiwa 14 Mei: Berdirinya Negara Israel hingga Percobaan Pembunuhan Soekarno

- Jumat, 14 Mei 2021 | 13:49 WIB
Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno. (Dok. Arsip Nasional)
Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno. (Dok. Arsip Nasional)

Banyak peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 14 Mei. Mulai dari proklamai kemerdekaan Israel, percobaan pembunuhan terhadap Presiden Soekarno, hingga lahirnya pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

Indozone mencoba merangkum beberapa peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 14 Mei:

1. Berdirinya Israel (1948)

-
Konflik di Israel dan Palestina yang kian memanas. (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa).

Pada 14 Mei 1948, negara Israel didirikan dengan dibacakan deklarasi pendirian negara Israel oleh Perdana Menteri David Ben-Gurion kepada umum di Tel Aviv. Satu tahun sebelumnya, PBB menyetujui pembagian Palestina menjadi dua negara, yaitu satu negara Yahudi dan satu negara Arab. Namun setelah deklarasi kemerdekaan dilakukan, negara-negara Arab menolak rencana pembagian ini dengan peperangan. Namun Israel memenangkan peperangan dan mengukuhnya kemerdekaannya. Akibatnya, Israel memperluas batas wilayah negaranya melebihi batas wilayah yang ditentukan. Hingga kini, Isreal masih terus melakukan kekerasan dan mencoba merebut wilayah Palestina.

BACA JUGA: Terungkap, Alasan Ayu Ambarwati Bunuh Diri, Sang Kekasih Akan Menikah dengan Sahabatnya

2. Percobaan Pembunuhan Soekarno (1962)

-
Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno. (Dok. Arsip Nasional)

Presiden Soekarno pernah menjadi target pembunuhan oleh seorang pemberontak DI/TII. Pada saat itu, Soekarno sedang melaksanakan salat Idul Adha di Istana Negara. Namun pemberontak melepaskan tembakan ke arahnya. Beruntung, Soekarno tak terkena tembakan ini. Namun sayang, tembakan ini justru melukai Zainul Arifin. Zainul pun meninggal 10 bulan kemudian.

3. Lahirnya Mark Zuckerberg (1984)

-
CEO dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. (REUTERS/Charles Platiau)

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg lahir pada 14 Mei 1984, sehingga saat ini usianya 37 tahun. Ia lahir di White Plains, New York, Amerika Serikat. Mark lahir dari pasangan Karen, seorang psikiater dan Edward Zuckerberg, seorang dokter gigi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X