Gelar Ritual Cari KRI Nanggala, Dukun Ini Ancam Dobrak 'Pintu Langit' Hingga Ubah Takdir

- Sabtu, 24 April 2021 | 15:19 WIB
Aksi dukun Persatuan Dukun Nusantara mencari KRI Nanggala gelar ritual di tengah laut. (IG/Infokediriraya)
Aksi dukun Persatuan Dukun Nusantara mencari KRI Nanggala gelar ritual di tengah laut. (IG/Infokediriraya)

Para dukun yang terhimpun Persatuan Dukun Nusantara beraksi turut serta mencari kapal selam KRI Nanggala-402 yang dinyatakan hilang di perairan Bali pada Rabu (21/4/2021) kemarin.

Mereka juga yakin mendobrak pintu langit dan membelokkan takdir KRI Nanggala yang hilang untuk meminta permohonan mereka supaya dikabulkan.

"Kita tau ini sudah ditakdirkan oleh Allah SWT, tetapi kita mohon dengan sunguh-sungguh. Hari ini kita bukan mengetuk tapi mendobrak pintu Arsh. Kita dobrak pintu langit, mudah-mudahan Allah mau merubah takdir dan ketemunya kapal ini," kata seorang dukun yang ada di dalam kapal berbicara, Sabtu (24/4/2021).

Informasi para dukun menggelar ritual di tengah laut itu dibagikan akun instagram Infokediriraya. Dalam video tampak mereka berzikir dan memanjatkan doa.

"Para dukun berdoa untuk korban kapal selam. Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) ikut serta pencarian kapal selam Nanggala 402 di Selat Bali. #Prayfornanggala402," tulis akun Instagram Infokediriraya.

Para dukun tersebut melakukan ritual puter giling yang diyakini mampu mengembalikan KRI Nanggala dengan selamat berikut juga dengan 53 awak di dalamnya. 

-
Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) menggelar ritual untuk KRI Nanggala-402. (IG/Infokediriraya)

 

"Kita melakukan ritual puter giling yang dilakukan oleh Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu), mengucapkan terima kasih kepada sesepuh sekalian. Pak Ketua, Pak Sekjen yang sudah hadir pada kesempatan ini," ujar seorang dukun.

Rangkaian acara ritual itu dilakukan mulai pagi hingga sore akan ditutup dengan melarungkan media atau wasilah.

"Kita mohonkan kepada Allah, mudah-mudahan melalui wasilah ini mudah-mudahan segera terdeteksi kapal selam KRI Nanggala-402 dan semuanya selamat sesuai dengan keinginan kita," sebutnya.

-
Daftar kru yang hilang dalam KRI Nanggala-402. (EPA)

KRI Nanggala-402 membawa 53 orang kru. Terdiri dari seorang komandan satuan, 3 personel arsenal, dan 49 anak buah kapal (ABK), diyakini tidak mampu bertahan setelah pasokan udara dalam kapal habis hari ini.

Sementara itu Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono menyatakan, fokus pencarian keberadaan kapal selam KRI Nanggala-402 saat ini di dekat Celukan Bawang, bagian utara Bali.

"Fokus pencarian di sekitar Celukan Bawang, bagian utara Bali," kata Kadispenal ketika dikonfirmasi dari Jakarta.

Tak hanya itu, kata Julius, pencarian juga di beberapa titik lainnya yang memiliki daya magnet yang sangat kuat.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X