Ketua DPR Minta Investigasi Menyeluruh Terkait Insiden Dua Kecelakaan Transportasi Publik

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 13:40 WIB
Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur membantu evakuasi korban kecelakaan TransJakarta di Cawang, Jakarta, Senin (25/10/2021). (Dok. Gulkarmat Jaktim)
Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur membantu evakuasi korban kecelakaan TransJakarta di Cawang, Jakarta, Senin (25/10/2021). (Dok. Gulkarmat Jaktim)

Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan reaksi mengenai dua insiden kecelakaan transportasi publik yakni Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodetabek dan Bus Transjakarta, yang terjadi di Jakarta pada, Senin (25/10/2021).

Pasca kejadian tersebut, Puan pun meminta investigasi secara menyeluruh untuk mengetahui penyebab kecelakaan dua insiden kecelakaan tranportasi publik ini. Mengingat keamanan dan keselamatan transportasi publik adalah hak masyarakat.

“Keamanan dan keselamatan bertransportasi publik adalah hak masyarakat. Oleh karenanya, masyarakat harus megetahui penyebab kecelakaan, dan sebaliknya regulator maupun operator harus bisa memulihkan dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik,” ungkap Puan kepada wartawan, Selasa (26/10/2021).

Dia menekankan untuk menjaga kepercayaan publik ini penting dilakukan terkhusus kepada LRT Jabodetabek yang merupakan moda transportasi baru.  Apalagi, kata dia, pembangunan dan pengoperasian LRT Jabodetabek, yang mengalami kecelakaan saat uji coba, dilakukan oleh BUMN.

“Salah satu fungsi BUMN adalah menyelenggarakan kemanfaatan umum. Karenannya, kemanfaatan LRT Jabodetabek ini harus bisa dirasakan masyarakat setelah kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi baru ini dipulihkan dan dijaga,” kata Puan.

Puan mengatakan, kepercayaan masyarakat terhadap LRT Jabodetabek penting dijaga mengingat moda transportasi yang akan resmi beroperasi pertengahan tahun depan ini, cukup diandalkan untuk mengurangi beban kemacetan Jakarta.

“LRT Jabodetabek harus bisa mendorong pengguna kendaraaan pribadi, khususnya warga komuter, untuk menggunakan transportasi massal yang jauh lebih efektif ini,” ucapnya.

Disisi lain mantan Menko PMK ini mengatakan, tidak ada cara lain untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik selain terus meningkatkan keselamatan dan keamanan warga negara sebagai pengguna.

“Targetnya harus zero accident. Apalagi LRT mempunyai jalur sendiri dan digembar-gemborkan meggunakan sistem dan teknologi canggih,” harap Puan.

Selain itu, dia menuturkan bilamana LRT Jabodebatek harus bisa menjadi kebanggaan bangsa karena merupakan hasil karya anak bangsa melalui kerjasama 4 BUMN.

“Pemerintah dan operator LRT harus mengubah rasa khawatir dan cemas masyarakat menjadi rasa bangga bertransportasi dengan karya anak bangsa,” tandas Puan.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X