Bersalah Langgar PPKM, Panitia Pernikahan Keluarga Bupati Jember Didenda Rp10 Juta

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 12:02 WIB
Satgas COVID-19 menggelar sidang dugaan pelanggaran prokes (ANTARA/HO-Humas Polres Jember)
Satgas COVID-19 menggelar sidang dugaan pelanggaran prokes (ANTARA/HO-Humas Polres Jember)

Panitia penyelenggara resepsi pernikahan keluarga Bupati Jember Hendy Siswanto, yaitu Zainul Fuad dijatuhi denda Rp10 juta karena terbukti melanggar prokes, Jumat (22/10/2021).

"Menyatakan terdakwa Zainul Fuad terbukti secara sah dan bersalah tidak menaati peraturan pemerintah dan menjalankan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM dan juga melanggar protokol kesehatan," kata hakim ketua Totok Yanuarto, dikutip dari Antara, Sabtu (23/10/2021).

"Selanjutnya hakim menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan denda sebesar Rp10 juta atau pidana kerja sosial selama 15 hari dan terdakwa harus mengganti biaya perkara sebesar Rp5 ribu," tuturnya.

Panitera Dion Pramesti Warsono mengatakan, sidang itu bertujuan untuk mendisiplinkan aturan yang telah ditentukan dan tidak melihat dari kalangan mana saja.

"Apabila melanggar protokol kesehatan maka akan dikenakan denda dan dilakukan sidang virtual," katanya.

Sebelumnya, beredar video Bupati Jember Hendy Siswanto bernyanyi tanpa menggunakan masker atau pelindung wajah (faceshield) saat menghadiri pesta pernikahan keponakannya di salah satu rumah makan di Jember, padahal kabupaten setempat masih berstatus PPKM level 3.

Satgas COVID-19 memproses dugaan pelanggaran protokol kesehatan tersebut dengan memanggil panitia dan penanggung jawab pesta pernikahan itu.

Hendy sendiri telah memohon maaf kepada masyarakat atas peristiwa tersebut. Dia mengatakan undangan yang hadir sudah dibatasi 25 persen dari kapasitas gedung.

"Saya memohon maaf kepada masyarakat karena kegiatan itu menimbulkan perhatian saat kondisi pandemi COVID-19. Kami minta panitia untuk menjelaskan kepada Satgas terkait hal itu dan sekali lagi saya mohon maaf atas kejadian tersebut," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X