Presiden Jokowi Perintahkan Segera Membuka Jembatan Sei Alalak

- Minggu, 26 September 2021 | 13:07 WIB
Jembatan Sei Alalak, Kalimantan Selatan. (ANTARA/HO-Kementerian PUPR)
Jembatan Sei Alalak, Kalimantan Selatan. (ANTARA/HO-Kementerian PUPR)

Presiden RI Joko Widodo memerintahkan agar Jembatan  Sei Alalak, Kalimantan Selatan, yang menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala menuju Kalimantan Tengah, segera dibuka.

"Benar, Bapak Presiden meminta agar Jembatan Alalak ini segera dibuka. Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Minggu (26/9) mengutip Antara.

Sebelumnya, warga Kalimantan Selatan mendesak agar Jembatan Sei Alalak segera dibuka. Kawasan tersebut kerap dilanda kemacetan setelah Jalan Lingkar Utara rusak parah karena diterjang banjir.

Heru mengatakan bahwa pembukaan jembatan tersebut dapat dilakukan dengan uji coba operasional secara terbatas hingga pelaksanaan peresmian.

"Jenis kendaraan yang diizinkan hanya untuk roda dua dan mobil penumpang," katanya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan kesiapan pihaknya untuk melaksanakan arahan Presiden Jokowi.

"Kami telah melakukan pengecekan akhir kondisi jembatan tersebut dan siap dibuka sesuai arahan Presiden," kata Basuki.

Basuki menyebut pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan.

"Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Polda Kalimantan Selatan terkait koordinasi untuk uji coba operasional terbatas ini. Dan juga untuk melakukan pengawalan dan pengamanan," katanya.

Basuki meminta agar masyarakat menaati aturan lalu lintas. Selain itu, ia pun meminta agar kendaraan roda dua dan mobil penumpang tidak parkir atau berhenti di atas jembatan, juga yang tak kalah penting selalu menjaga kebersihan dan ketertiban di area jembatan.

Diketahui, pembangunan Jembatan Sei Alalak telah selesai pada Jumat, 24 September 2021. Jembatan ini dibangun untuk menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia sekitar 30 tahun dan juga akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X