NATO Tegaskan Pengusiran 8 Tentara Rusia Bukan karena Terkait Kejadian Tertentu

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 08:51 WIB
Bendera NATO. (REUTERS/Yves Herman)
Bendera NATO. (REUTERS/Yves Herman)

Negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) perlu mewaspadai aksi fitnah Rusia. Hal tersebut diutarakan langsung oleh Sekjen NATO Jens Stoltenberg menyusul insiden pengusiran delapan anggota misi Rusia untuk NATO.

Stoltenberg mengatakan pengusiran itu tidak terkait dengan kejadian tertentu karena kedelapan anggota tersebut adalah pejabat intelijen Rusia yang tak diakui.

"Keputusan ini tidak terkait dengan peristiwa tertentu, namun kini kami melihat beberapa kali, peningkatan aksi fitnah Rusia, dan oleh sebab itu kami mesti waspada," kata Stoltenberg, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (8/10/2021).

Aktivitas delapan anggota tersebut tidak sesuai dengan akreditasi mereka, kata Stoltenberg yang menggambarkan hubungan dengan Rusia berada di titik terendah mereka sejak berakhirnya Perang Dingin.

"Itu karena tabiat Rusia. Kami melihat tindakan agresif mereka," katanya, merujuk pada pembangunan militer Rusia di sepanjang perbatasan Ukraina dan apa yang disebutnya sebagai pelanggaran terhadap Traktat Senjata Nuklir Jarak Menengah (INF Treaty).

Stoltenberg menyebutkan NATO akan melanjutkan pendekatan jalur ganda mereka terhadap pertahanan dan dialog dengan Rusia.

"Kami juga siap untuk menggelar pertemuan dewan NATO-Rusia. Kami sebenarnya sudah lama mengundang Rusia. Hingga saat ini, Rusia tidak memberikan respons positif," ucapnya.

Stoltenberg mengatakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Majelis Umum PBB bulan lalu untuk menyepakati pertemuan baru dewan, yang dinilai sangat krusial untuk digelar mengingat ketegangan tinggi saat ini, tidak membuahkan hasil.

Pemerintah Rusia sebelumnya mengatakan bahwa pengusiran tersebut hampir sepenuhnya mengacaukan asa mereka bahwa hubungan kedua pihak dapat dinormalisasi dan dialog dengan NATO dapat dilanjutkan.

Sebagaimana diketahui, pada Rabu kemarin anggota dewan Rusia yang pro-pemerintah mengatakan Moskow akan membalas, meski tidak harus setimpal.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X