Tak Lolos SNMPTN, Pria Ini Tetap Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Beri Pesan Menohok

- Selasa, 23 Maret 2021 | 11:41 WIB
Viral pria ini sempat gagal SNMPTN 2020 namun bisa masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur SBMPTN dan Jalur Mandiri. (TikTok/@sushiportugis)
Viral pria ini sempat gagal SNMPTN 2020 namun bisa masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur SBMPTN dan Jalur Mandiri. (TikTok/@sushiportugis)

Rasa sedih dan kecewa mungkin banyak dirasakan mereka yang sedang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) namun tidak lolos alias gagal. Namun, pria ini membuktikan meski tak lolos SNMPTN, masih ada jalur lain untuk mesuk perguruan tinggi negeri.

Kreator TikTok sushiportugis membagikan momen saat dirinya bersama keluarga menanti pengumuman SNMPTN tahun 2020 yang lalu. Saat itu, dia bersama kedua orangtua dan saudaranya menanti pengumuman tersebut.

"Kalau ga keteri jangan dimarahin ya," tutur pemilik akun sushiportugis itu kepada kedua orangtua yang ada di belakangnya.

"Gak akan ada yang marahin," jawab mamanya.

"Maksudnya kalao misalkan ga dapet ga usah kecewa gitu," sambung pria berkaos hitam itu sambil menutup mata saat melihat hasil SNMPTN 2020.

"Yah kan," ucapnya saat tahu namanya tidak lolos SNMPTN 2020.

"It's okey," kata saudari perempuan di sebelahnya sambil tersenyum dan menguatkannya.

"Kan masih ada kesempatan yang lain," timpal sang ayah.

-
Viral pria ini sempat gagal SNMPTN 2020 namun bisa masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur SBMPTN dan Jalur Mandiri. (TikTok @sushiportugis)

Dia pun tak patah semangat. Hingga akhirnya dia tetap bisa masuk perguruan tinggi negeri dengan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Brawijaya (Unbraw), Malang dan lolos jalur mandiri di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Kedua orangtuanya pun bangga dan bahagia melihat pencapaiannya. Mereka pun menangis bersama kala itu. Nah, sushiportugis memberi pesan menohon kepada para peserta SNMPTN 2021 kali ini yang gagal.

"Mungkin sakit ga lolos SNMPTN, tapi itu bukan satu-satunya jalan! Kita ga boleh ragu sama rencana Tuhan. Kamu ga lolos SNMPTN karena Tuhan yakin kalian kompeten buat ikutin jalur lainnya!" pesan dia.

"Tuhan mau liat pengorbanan kita sejauh mana, makanya ayo kita sungguh-sungguh dan buktiin kalu kita layak untuk dapetin itu. Sedih itu wajar, gak apa-apa! Tapi, janji ya abis itu kita sama-sama bangkit lagi," lajutnya.

Dia pun berharap, para peserta SNMPTN 2021 yang tak lolos tak putus asa dan terus berjuang meraih impian masuk perguruan tinggi negeri dengan jalur lainnya.

"Semangat dari aku gak cukup, kalin juga harus bergerak mulai sekarang, ok! Inget ya semua PTN maunya diperjuangin, ga bisa kita cuma ngandelin harapan. Hope dan effort haru seimbang guys," urainya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X