Meski Ada Serangan di Afghanistan, Amerika Serikat Tetap Menyelesaikan Evakuasi

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 09:18 WIB
Presiden AS, Joe Biden. (REUTERS/Jonathan Ernst)
Presiden AS, Joe Biden. (REUTERS/Jonathan Ernst)

Setelah terjadi serangan bom bunuh diri di Bandara Kabul pada Kamis (26/8/2021) sekitar pukul 18:00 waktu setempat, insiden itu menewaskan setidaknya 90 warga Afghanistan dan 13 tentara AS.

Serangan itu terjadi hanya beberapa hari sebelum batas waktu evakuasi yakni tanggal 31 Agustus.

Meski adanya serangan tersebut, Joe Biden tetap menyelesaikan misinya melakukan evakuasi sampai waktu yang telah ditentukan. Presiden  AS itu juga mengatakan kalau dia akan memburu pelaku bom bunuh diri itu.

"Kita harus menyelesaikan misi ini dan kita akan melakukannya, kami juga berjanji akan memburu para pelaku," kata Joe Biden, dikutip dari BBC.

Serangan pada hari Kamis itu pertama kali menargetkan Gerbang Abbey, di mana pasukan AS dan Inggris telah memproses orang yang memasuki bandara kemudian diikuti oleh tembakan.

Beberapa menit kemudian, ledakan kedua terjadi di sebuah hotel yang digunakan oleh pejabat Inggris untuk memproses warga Afghanistan yang berharap untuk melakukan perjalanan ke Inggris.

Baca juga: Bom Bunuh Diri ISIS di Bandara Kabul Menewaskan 90 Warga Afghanistan dan 13 Tentara AS

Kerumunan besar telah berkumpul di daerah itu berharap diizinkan melakukan penerbangan evakuasi, meskipun ada peringatan oleh pejabat AS dan Inggris tentang risiko signifikan serangan bunuh diri oleh Isis-K, cabang regional Negara Islam.

Kelompok jihad itu kemudian mengatakan bahwa mereka mengaku melakukan pemboman hari Kamis.

"Kami tidak akan memaafkan. Kami tidak akan melupakan. Kami akan memburu Anda dan membuat Anda membayar," tambah Joe Biden.

Biden mengatakan pasukan yang tewas adalah pahlawan yang menjalankan misi tanpa pamrih untuk menyelamatkan nyawa orang lain.

Namun serangan itu kemungkinan akan secara signifikan mempersulit upaya evakuasi menjelang tenggat waktu 31 Agustus.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X