Viral Perpeloncoan saat Ospek di Fakultas Teknik Universitas Bengkulu, Ini Kronologinya

- Kamis, 17 September 2020 | 11:13 WIB
Perpeloncoan di Fakultas Teknik Universitas Bengkulu (Twitter/@ababil_kuadrat)
Perpeloncoan di Fakultas Teknik Universitas Bengkulu (Twitter/@ababil_kuadrat)

Usai viral ospek virtual mahasiswa senior membentak mahasiswa baru yang terjadi di FIP Universitas Negeri Surabaya (Unesa), kini muncul lagi kasus serupa.

Akun Twitter @ababil_kuadrat membuat sebuah utas yang menceritakan kronologi perpeloncoan yang terjadi saat ospek virtual di Fakultas Teknik Universitas Bengkulu (UNIB)

Ababil mengungkap alasannya mengekspos kasus perpeloncoan ini karena menerima banyak keluhan dari teman-temannya yang berkuliah di Fakultas Teknik (FT) UNIB.

"Upaya saya ini juga dilatarbelakangi oleh Speak UP Kasus Ospek di UNESA yang berhasil ke up di Nasional, juga menjadi motif saya untuk ikut berusaha speak up juga, agar budaya perloncoan dan senioritas disini tidak terulang kembali di masa yang akan datang." cuitnya Rabu, (16/9/2020).

Ababil mengatakan bahwa banyak teman-temannya yang berkuliah di FT UNIB gerah dengan perlakuan ospek tersebut. Namun, mereka tidak berani protes langsung karena takut akan tekanan dari senior.

Terlebih budaya ospek keras sudah sangat mengakar di Fakultas Teknik tersebut. Alhasil, mahasiswa baru terpaksa menerima saja segala perlakuan dari senior.

Atas dasar itulah, Ababil mengangkat kasus ini ke permukaan. Namun, tak lama kemudian dia mulai mendapatkan pesan-pesan dari orang tak dikenal.

Mulai dari "pesan halus" yang mengajak bernegoisasi hingga ancaman dan teror yang terus berdatangan melalui DM Instagram dan juga nomor WhatsApp-nya.

"Selain itu banyak informasi dari teman2 saya yang berada di Universitas Bengkulu, bahwa banyak orang2 (seperti nya kating FT univ tsb) yang mencari2 informasi tentang saya seperti no. WA, alamat rumah, teman2 dan kenalan saya." tambahnya.

Pada salah satu video yang diunggah oleh Ababil, terlihat seorang mahasiswi yang dibentak senior dan disuruh mencoret wajahnya dengan memakai lipstik.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X