Hujan Es yang Mengguyur Jogja Hebohkan Netizen

- Rabu, 3 Maret 2021 | 16:13 WIB
Hujan es di Jogja. (Tangkapan layar)
Hujan es di Jogja. (Tangkapan layar)

Siang tadi sekitar pukul 13.00 WIB hujan deras melanda sejumlah kawasan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (3/3/2021). Menariknya, hujan deras tersebut disertai dengan butiran es sebesar kelereng yang berukuran kecil.

Fenomena alam tersebut terjadi di beberapa titik Kabupaten Sleman dan wilayah Kota Yogyakarta. Hujan es itu disebut berlangsung cukup lama. Banyak netizen yang mengabadikan hujan es tersebut. Banyak yang takjub melihat fenomena langka tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) Yogyakarta membenarkan terjadinya hujan es di sejumlah wilayah di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang disebabkan pertumbuhan awan cumulonimbus.

"Betul, terpantau telah terjadi hujan es di Kecamatan Turi (Sleman) dan Kota Yogyakarta," kata Kepala Stasiun Klimatologi Sleman, Reni Kraningtyas melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Rabu (3/3/2021).

Menurut Reni, hujan es masih berpotensi tinggi terjadi selama musim hujan, khususnya pada saat pancaroba.

"Hujan es ini sifatnya sangat lokal (radius 2 km) yang disebabkan oleh pertumbuhan awan cumulonimbus lebih dari 10 kilometer," ujarnya.

Reni menjelaskan saat udara hangat, lembab, dan labil di permukaan bumi maka pengaruh pemanasan bumi yang intensif akibat radiasi matahari akan mengangkat massa udara tersebut ke atmosfer yang kemudian mengalami pendinginan.

Setelah terjadi kondensasi selanjutnya akan terbentuk titik-titik air yang terlihat sebagai awan cumulonimbus (Cb).

Karena kuatnya energi dorongan ke atas saat terjadi proses konveksi maka puncak awan sangat tinggi hingga sampai freezing level yang selanjutnya terbentuk kristal-kristal es dengan ukuran yang cukup besar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X