Pasca Demo Rusuh Jakarta, Sebanyak 12 Titik Kamera Tilang Elektronik Rusak

- Jumat, 30 Oktober 2020 | 11:10 WIB
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Demo terkait Omnibus Law yang berujung kericuhan beberapa waktu belakangan ini menghasilkan kerugian khususnya di bidang lalu lintas. Tercatat ada 12 titik kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) di Jakarta yang rusak.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. Kombes Sambodo mengatakan 12 titik kamera itu rusak pasca demo yang berujung kericuhan beberapa kali.

"Iya kamera E-TLE ada 12 titik yang dirusak. Tempatnya banyak ya masih sekitaran Sudirman Thamrin khususnya di deket pos-pos lantas yang dibakar," kata Kombes Sambodo kepada wartawan di Gerbang Tol Cikunir 2, Bekasi, Jumat (30/10/2020)

Sambodo mengatakan 12 titik E-TLE itu diduga kuat dirusak oleh massa perusuh. Kondisi kamera E-TLE itu sendiri ada yang miring posisinya hingga rusak tidak bisa digunakan.

"Ada yang memang panelnya yang rusak, ada yang disodok sehingga dia posisinya (miring), ada yang kabelnya putus dan sebagainya," beber Sambodo.

Lebih jauh Sambodo mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah perihal kerusakan kamera itu. Sebab, kamera tilang itu merupakan milik dari Pemrov DKI Jakarta.

"Saat ini masih dalam proses perbaikan ya mungkin dalam waktu dekat ini sudah selesai," pungkas Sambodo.

Seperti diketahui, aksi unjuk rasa menolak Omnibus Law sudah terjadi sejak awal bulan ini. Aksi unjuk rasa itu digelar oleh berbagai elemen massa mulai dari massa mahasiswa hingga buruh.

Aksi unjuk rasa ini tidak serta merta berjalan dengan lancar dan damai. Kericuhan sempat terjadi di Jakarta pasca demo itu berlangsung hingga polisi sempat mengamankan ratusan orang bahkan puluhan di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Artikel menarik lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X