The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

KPK Tegaskan Kasus Edhy Prabowo Tidak Ada Kaitan dengan Politik
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
News

KPK Tegaskan Kasus Edhy Prabowo Tidak Ada Kaitan dengan Politik

Murni tindak pidana.

Sabtu, 28 November 2020 16:46 WIB 28 November 2020, 16:46 WIB

INDOZONE.ID - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan kasus korupsi yang terjadi di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) hingga melibatkan Edhy Prabowo tidak terkait masalah politik.

"Kasus yang terjadi di Kementerian Kelautan dan Perikanan, tentu ini adalah tindak pidana korupsi murni dan tidak ada kaitan dengan politik," kata Firli  di Gedung KPK, Jakarta, yang disiarkan Youtube KPK RI, Sabtu (28/11/2020).

Firli Bahuri berharap masyarakat tidak mengaitkan kasus korupsi di lingkungan KKP tersebut dengan ranah politik. Mengingat, masalah pidana merupakan kaitannya dengan perorangan.

"Jadi kita jangan diajak masuk di ranah politik. Kalaupun ada orang-orang yang terlibat dan dia merupakan pengurus partai, tapi terkait kasus pidana adalah berlaku orang per orang. Karena sesungguhnya dalam konsep hukum, 'barang siapa' itu adalah setiap orang," tegas Firli.

BACA JUGA: Edhy Prabowo Akan Mundur Sebagai Menteri KKP dan Waketum Gerindra

Lebih lanjut, Firli menjelaskan jika menemukan perbuatan hukum, pihaknya akan mengkatagorikan apakah memenuhi unsur sengaja atau lalai.

"Selanjutnya apakah memenuhi syarat sifat melawan hukum, jadi kita fokus kepada perbuatan. Karena sesungguhnya tidak ada suatu peristiwa pidana tanpa ada perbuatan dan tidak ada perbuatan tanpa orang. Itu prinsipnya," kata Firli.

Sebelumnya diketahui selain menjabat Menteri KKP, saat itu Edhy Prabowo juga merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Edi Hidayat
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US