Bantah Gatot Nurmantyo, Kasal Jamin TNI AL Tidak Disusupi Paham Komunis atau PKI

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 14:46 WIB
KASAL Laksamana TNI Yudo Margono dan KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
KASAL Laksamana TNI Yudo Margono dan KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menjamin TNI AL tidak disusupi paham komunis atau PKI.

"Saya bicara Angkatan Laut ya tidak ada lah sampai saat ini seperti itu. Saya jamin tidak ada Angkatan Laut yang disusupi PKI," tegas Kasal, Jumat (1/10/2021).

Ia menambahkan TNI AL gencar melakukan pembinaan-pembinaan ideologi agar paham-paham tentang komunis bisa diantisipasi.

"Tentunya kita tetap memagari dengan pembinaan yang terus menerus supaya isu-isu tentang itu bisa diantisipasi," kata Yudo.

Yugo menambahkan  TNI AL memiliki Dinas Pembinaan Mental dan Ideologi, yang setiap saat akan memberikan ceramah-ceramah tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Setiap prajurit sejak pertama masuk itu sudah dibekali dengan itu. Bahkan tesnya saja ada tes mental ideologi. Dari awal ini sudah disaring layak atau tidak untuk mereka jadi benteng negara ini. Kalau menjadi benteng negara ini mental ideologinya tidak kuat, ya akan justru putus di jalan pastinya ataupun dia tidak akan kuat untuk menjadi militer seperti ini," paparnya.

Saat ini, lanjut Yudo, TNI AL tinggal melakukan pembinaan-pembinaan saja kepada para prajuritnya.

"Tentunya dengan adanya pengaruh globalisasi yang seperti ini, medsos yang seperti itu, tentunya kita berikan terus istilahnya kalau di kita ini 'Jam Komandan'. Setiap saat, komandan-komandan memiliki tanggung jawab untuk membina para pasukannya," ujar Kasal.

Menanggapi Hari Kesaktian Pancasila, Yudo menegaskan, Pancasila sebagai dasar negara Indonesia tidak perlu diragukan lagi.

"Kita pertahankan bahwasanya ini adalah dasar negara yang merupakan pondasi berkehidupan kita semuanya. Tidak perlu panjang lebar saya kira kita sudah tahu bahwa Pancasila perlu diamalkan," jelasnya.

Sebelumnya, mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo menduga adanya penyusupan kembali pendukung PKI ke tubuh TNI.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X