The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

DVI Polri Lanjutkan Proses Identifikasi Korban Sriwijaya Air, Meski Pencarian Dihentikan
Keluarga pramugari Sriwijaya Air SJ 182 Mia Tresetyani Wadu (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
News

DVI Polri Lanjutkan Proses Identifikasi Korban Sriwijaya Air, Meski Pencarian Dihentikan

Jumat, 22 Januari 2021 12:04 WIB 22 Januari 2021, 12:04 WIB

INDOZONE.ID - Tim DVI Polri tetap melanjutkan proses identifikasi terhadap jenazah korban Sriwijaya Air SJ-182, meskipun pencarian korban dan puing pesawat telah resmi dihentikan.

"Proses identifikasi walaupun di Basarnas mungkin akan menghentikan kegiatan tetapi di sini masih melakukan kegiatan identifikasi," ujar Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono, Kamis (21/1/2021).

Hingga DVI Polri telah menerima sebanyak 325 kantong jenazah dan 274 kantong properti.

Total jenazah yang berhasil diidentifikasi hingga saat ini berjumlah 47 korban. Tim DVI akan terus bekerja mengidentifikasi kantong jenazah tersisa. Berdasarkan manifes, ada 62 orang di dalam pesawat itu.

Butuh waktu hingga satu minggu ke depan untuk mengidentifikasi ratusan kantong jenazah tersebut, karena proses pencocokan DNA memerlukan waktu yang tidak sebentar, beda dengan identifikasi sidik jari.

"Lebih kurang satu minggu lagi. Proses DNA agak panjang. Lain dari sidik jari 5 menit, 10 menit selesai. Tapi proses DNA agak panjang, kemungkinan sekitar satu minggu ke depan baru rampung," ucap Rusdi.

Sebelumnya, Basarnas resmi menghentikan pencarian korban dan puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak.

"Mulai Kamis 21 Januari 2021 pada pukul 16.57 WIB, operasi SAR (search and rescue) terhadap kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu secara resmi, saya nyatakan ditutup atau penghentian,” ujar Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito di JICT 2 Jakarta, Kamis.

Keputusan tersebut diambil setelah melalui pertimbangan taktis, hasil temuan korban, efektifitas, pertemuan dengan keluarga korban, hingga rapat bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Namun, jika nantinya ada masyarakat yang menemukan korban, maka akan langsung ditindaklanjuti.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US