Munarman Ditangkap atas Dugaan Terorisme, 20 Pengacara akan 'Pasang Badan' Membelanya

- Rabu, 28 April 2021 | 09:09 WIB
Munarman tiba di Polda Metro Jaya (Istimewa)
Munarman tiba di Polda Metro Jaya (Istimewa)

Munarman yang ditangkap oleh Densus 88, akan didampingi oleh sekitar 20 kuasa hukum.

"Tim kuasa hukum sejauh ini ada 20-an," kata pengacara  Azis Yanuar, dikutip dari Antara, Rabu (28/4/2021).

Aziz juga akan menjadi bagian dari tim kuasa hukum untuk membela Munarman, eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) dan kuasa hukum Rizieq Shihab.

Munarman sendiri ditangkap atas dugaan terlibat kegiatan baiat/pengambilan sumpah setia di Jakarta, Medan, dan Makassar beberapa tahun yang lalu. Kegiatan itu diduga dapat mengarah pada aksi radikalisme teroris.

"Jadi, terkait dengan kasus baiat di UIN Jakarta, kemudian kasus baiat di Makassar dan Medan. Tiga hal tersebut lebih detailnya tanya kepada Kabid Humas Polda Metro Jaya," kata Kabagpenum Kombes Pol. Ahmad Ramadhan.

Namun, Azis Yanuar, menolak alasan kepolisian tersebut. Menurut Azis, Munarman hanya menghadiri acara seminar, bukan kegiatan baiat.

"Beliau (Munarman) menjelaskan pada waktu itu hadir di seminar. Jika ada masalah atau hal-hal lain di luar seminar, beliau tidak tahu-menahu. Prinsipnya, beliau menolak teror dan tindak terorisme." ujar Aziz.

Diberitakan sebelumnya, tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap Munarman di Perumahan Modern Hills, Cinangka, Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa pukul 15.00 WIB.

Munarman kemudian tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 19.40 WIB dengan mata tertutup dan tangan diborgol.

Atas penangkapan ini, Munarman akan menggugat praperadilan Polri. Aziz Yanuar mengatakan penangkapan dan penahanan terhadap kliennya oleh Densus 88 tidak sesuai UU dan prosedur.

"Kita sangat menyesalkan itu, tidak diterapkan asas praduga tidak bersalah, seyogyanya Polri memanggil dulu secara patut, beliau pasti akan datang kok," kata Aziz.

"Kami berencana menggugat praperadilan terkait penangkapan dan penahanan beliau yang tidak sesuai ini," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X