Rapat Paripurna DPR Sahkan Tujuh Hakim Agung Terpilih

- Selasa, 21 September 2021 | 14:24 WIB
Ilustrasi rapat paripurna. (INDOZONE)
Ilustrasi rapat paripurna. (INDOZONE)

Rapat paripurna DPR RI mengesahkan tujuh nama Hakim Agung terpilih yang telah disepakati Komisi III DPR RI usai menggelar fit and proper test.

Awalnya Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menyampaikan laporan yang di mana Komisi III telah melaksanakan uji kelayakan terhadap 11 calon Hakim Agung.

“Dilanjutkan dengan rapat pleno untuk mendengarkan pendapat dan pandangan fraksi-fraksi guna memberikan persetujuan atau tidak memberikan persetujuan atau memberikan persetujuan sebagiannya dari 11 orang calon Hakim Agung tahun 2021,” tutur Adies di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/9/2021).

Dikatakan Adies, Proses uji kelayakan terhadap calon Hakim Agung ini merupakan rangkaian dalam memberikan persetujuan sebagaimana diamanatkan UUD 1945 dan putusan MK.

“Oleh karena itu, Komisi III DPR RI menyadari dan memahami bahwa kecapakan, kemampuan, integritas, wawasan kebangsaan, dan moral calon Hakim Agung merupakan prasyarat penting untuk menjadi Hakim Agung pada MA RI,” tutur dia.

Politisi Partai Golkar ini melanjutkan jika Komisi III DPR mengedepankan prinsip musyawarah mufakat. Kemudian dari 9 fraksi yang ada kemudian sepakat untuk menyetujui sebanyak 7 calon Hakim Agung tahun 2021.

“Atas dasar kriteria itu Komisi III DPR RI mengedepankan prinsip musyawarah atau mufakat dan berdasarkan pendapat dan pandangan dari sembilan fraksi di Komisi III DPR RI menyetujui sebanyak 7 calon Hakim Agung tahun 2021," urai Adies.

Setelah itu, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menanyakan kepada anggota DPR untuk kemudian mengambil keputusan terhadap hasil dari fit and proper test calon Hakim Agung. Semua setuju dengan calon Hakim Agung yang sudah ditetapkan Komisi III DPR.

BACA JUGA: KPK Pastikan 56 Pegawai yang Diberhentikan Dapat Tunjangan Hari Tua

“Sekarang perkenankan kami menanyakan kepada dewan yang terhormat, apakah hasil laporan Komisi DPR RI terhadap uji kelayakan calon Hakim Agung tahun 2021 itu dapat disetujui?” tanya Dasco.

“Setuju,” jawab anggota DPR.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X