Wanita di India Ini Bunuh Diri Setelah Diarak dalam Keadaan Telanjang karena Selingkuh

- Senin, 10 Mei 2021 | 11:54 WIB
Ilustrasi kekerasan kepada wanita (Pexels/Anete Lusina)
Ilustrasi kekerasan kepada wanita (Pexels/Anete Lusina)

Seorang wanita berusia 23 tahun dari Tripura, India bunuh diri setelah dia diarak keliling tanpa busana karena berselingkuh.

Dikutip dari Times of India, tujuh orang termasuk empat wanita ditangkap pada 7 Mei dan didakwa karena mendukung bunuh diri.

Insiden tersebut dilaporkan terjadi pada 4 Mei di desa Betaga Sabroom.

Wanita itu bunuh diri dengan mengonsumsi racun setelah video cabul dari dugaan perselingkuhannya ditampilkan di layar lebar di pasar lokal pada 2 Mei.

Beberapa video lokal yang menonton video tersebut berkumpul di depan rumahnya beberapa hari kemudian menghiasinya dengan sepatu, memotong rambutnya dan mengikatnya sebelum diarak keliling desa dalam keadaan telanjang.

Wanita itu kemudian kembali ke rumah, mengonsumsi racun dan mati di tempat.

Keluarganya mengajukan pengaduan terhadap beberapa tetangganya dan menuduh mereka mendorongnya untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

Proses Suo Motu dilembagakan berdasarkan laporan media dan pemberitahuan dikeluarkan kepada sekretaris kepala negara untuk meminta laporan lengkap tentang insiden tersebut.

Suo Moto adalah istilah Latin yang terjadi ketika lembaga pemerintah, pengadilan, atau otoritas pusat lainnya mengambil kendali atas masalah atau kasus itu sendiri.

Menurut MyAdvo, berbagai pengadilan di India telah memulai proses hukumnya sendiri berdasarkan laporan media, telegram, dan surat yang diterima oleh orang-orang yang dirugikan, membuat Suo Moto menyadari masalah tersebut.

Kasus tersebut digambarkan oleh pengadilan sebagai 'pelanggaran hak asasi manusia yang paling berat' dan mendesak responden untuk mengajukan jawaban mereka dalam waktu 24 jam.

Pengadilan juga menginstruksikan pihak berwenang untuk mengirimkan rekaman video yang dipajang di pasar dan meminta keterangan dari anggota keluarga korban.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X