Rasis Tulis Nama Pelanggan dari Asia 'Jackie Chan', Kasir Toko Dipecat

- Kamis, 13 Juni 2019 | 12:03 WIB
Facebook/Tony Choi
Facebook/Tony Choi

Begini akibat dari bertindak yang merugikan seseorang di tempat kerja, seorang karyawan dari waralaba Smoothie King dipecat usai ketahuan bersikap rasis terhadap pelanggan yang berasal dari Asia.

Karyawan tersebut menulis nama pelanggan yang berasal Korea dengan menyebut 'Jackie Chan' di struk tanda terima.

Kejadian ini diketahui setelah pelanggan korban rasisme, Tony Choi mengunggah sikap rasis karyawan Smoothie tersebut di akun Facebooknya dan kemudian menjadi viral. Dalam unggahannya, itu dia menceritakan sesuatu yang tidak menyenangkan baru terjadi padanya.

"Saya baru saja di Smoothie King ini dengan anak-anak saya. Alih-alih menanyakan nama saya, Zack H. berpikir akan lucu jika menempatkan 'Jackie Chan' sebagai namaku."

"Sebagai orang Korea, saya merasa ini sangat menghina. Tetapi 3 karyawan yang bekerja di sana pada saat itu tidak bisa berhenti menertawakannya."

"Saya mengalami rasisme di sana-sini dan biasanya tidak mengganggu saya. Hari ini saya meninggalkan toko ini dengan geram, berusaha tidak membiarkan anak-anak saya tahu apa yang baru saja terjadi," tulis Choi.

Merespon kejadian itu, pihak dari Smoothie King langsung mengambil tindakan terhadap seorang karyawan yang dimaksud. Mereka memberhentikan karyawan tersebut dari pekerjaan.

"Kami tidak memiliki toleransi untuk tindakan apa pun di mana tamu tidak dihargai dan kami telah mengambil tindakan segera dan tegas," demikian pernyataan Smoothie King.

Selain memecat karyawan, perusahaan waralaba tersebut juga menutup sementara toko di mana insiden rasisme terjadi. Penutupan itu sampai pemilik waralaba tersebut dan pekerjanya bisa menjalani pelatihan tentang standar yang telah ditetapkan perusahaan Smoothie King agar hal tersebut tidak terulang kembali.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X