Sosok Pilot Rimbun Air Capt Mirza Miliki Banyak Jam Terbang, Mantan Penerbang TNI AU

- Jumat, 17 September 2021 | 12:53 WIB
Sosok pilot Agitha Mirza. (Istimewa)
Sosok pilot Agitha Mirza. (Istimewa)

Sosok pilot Captain Agithia Mirza dari pesawat Rimbun Air yang jatuh di Papua ternyata merupakan penerbang yang cukup berpengalaman.

Di samping pernah menjadi pilot Merpati yang memiliki banyak jam terbang, ternyata Agithia pernah bertugas sebagai penerbang di TNI AU, namun cuma memiliki ikatan dinas pendek.

Mirza cuma 10 tahun mengabdi di TNI AU sebelum mengajukan pensiun dini.

Berdasarkan keterangan keluarga yang dihimpun dari berbagai sumber, Mirza juga pernah diketahui terjun dalam misi ke Timor Timur dan Aceh.

Setelah pensiun Mirza kemudian menapat tawaran bekerja sebagai pilot di Maskapai Merpati selama 17 tahun dan berpindah ke Aviastar dan terakhir di Rimbun Air.

-
Pesawat Rimbun Air yang jatuh. (Ist)

 

Sementara itu di kediaman sederet karangan bunga penuhi halaman depan rumah Kapten Haji Agithia Mirza, pilot Rimbun Air, yang jatuh di Papua.

Rumah kapten Mirza berada di Jalan Kompleks AURI, Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi dari Antara, jenazah tiga awak pesawat Rimbun Air PK OTW yang jatuh di Perbukitan Kampung Bilogai, Sugapa, Kabupaten Intan Jaya pada Rabu (15/9), tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika pada Kamis pagi pukul 08.33 WIT.

Jenazah langsung dibawa ke RSUD Mimika untuk proses identifikasi dan dibersihkan sebelum diserahkan kepada pihak maskapai.

Jenazah ketiga awak pesawat Rimbun Air itu masing-masing Pilot Hj Mirza co pilot Fajar dan teknisi Iswahyudi dievakuasi ke Timika dengan pesawat Rimbun Air PK OTJ.

-
Kru pesawat dan penumpang Rimbun Air yang jatuh di Papua.

 

Begitu pesawat parkir di Apron Pesawat Kargo Bandara Timika, personel Basarnas Timika langsung memindahkan jenazah ketiga korban yang sudah dimasukkan dalam kantong jenazah ke mobil ambulans milik Rumkitban TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Kepala Kantor SAR Timika George Mercy L Randang mengatakan jenazah ketiga awak pesawat Rimbun Air PK OTW itu segera diserahkan ke pihak maskapai penerbangan mewakili keluarga korban.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X