Menko PMK Cek Ketersediaan Oksigen ke Produsen di Cibitung dan Cikarang

- Selasa, 6 Juli 2021 | 09:37 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy tinjau ketersediaan oksigen di Cibitung. (Dok. Humas PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy tinjau ketersediaan oksigen di Cibitung. (Dok. Humas PMK)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi lokasi produksi oksigen yang berlokasi di Jawa Barat, yaitu PT Aneka Gas Industri di Cibitung dan PT Air Products Indonesia di Cikarang pada Senin (5/7/2021).

Dua perusahaan tersebut termasuk di antara empat produsen oksigen terbesar di Indonesia. Selama pandemi Covid-19, alokasi produksi dan distribusi oksigen mayoritas diperuntukkan untuk kebutuhan medis di rumah sakit (RS) terutama yang menangani pasien Covid-19.

"Saya hari ini turun langsung ke lapangan menindaklanjuti kelangkaan kebutuhan oksigen di RS, memastikan bahwa di sektor hulu, tempat produksi aman," kata Muhadjir usai meninjau pabrik PT Aneka Gas Industri di Cibitung sebagaimana dalam keterangannya dikutip Selasa (6/7/2021).

Muhadjir mengucapkan terima kasih kepada perusahaan oksigen yang sudah berupaya untuk mendukung program pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 ini.

"Saya berterima kasih sekali. Ini bagian dari upaya untuk ikut mendukung program pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19, terutama dari sisi treatment bagi mereka yang terdampak atau yang menjadi korban," ucap Muhadjir.

Ia berharap berbagai upaya maksimal dari semua pihak dapat mempercepat penanganan pandemi Covid-19. Pasalnya, kebutuhan oksigen untuk pasien di rumah sakit dapat terpenuhi dan tepat waktu.

Sebagaimana diketahui, belakangan ini kelangkaan oksigen sedang terjadi di Indonesia usai adanya kenaikan kasus Covid-19. Atas hal itu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya mempunyai rencana melakukan impor tabung oksigen untuk memenuhi kebutuhan pasokan oksigen di ruang-ruang kamar darurat tambahan yang ada di rumah sakit.

BACA JUGA: Tindak Tegas Perusahaan Non-esensial & Kritikal yang Bandel, Anies: Dicabut Izin Usahanya

Menurut Budi, rencana impor tabung oksigen itu, sudah dikoordinasikan dengan Kementerian Perindustrian. Hal tersebut dikatakan Budi dalam rapat kerja bersama dengan Komisi IX DPR RI, Senin (5/7/2021).

"Sehingga kita juga dengan menteri perindustrian sudah berkoordinasi untuk impor tabung yang 6 meter kubik dan 1 meter kubik untuk memenuhi ruang-ruang darurat tambahan yang ada di rumah sakit," ujar Budi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X