Megawati Dapat Gelar Profesor Kehormatan, Guru Besar UNP: Beliau Pantas Menerimanya

- Rabu, 9 Juni 2021 | 14:04 WIB
Megawati Soekarnoputri. (photo/Instagram/@pdiperjuangan)
Megawati Soekarnoputri. (photo/Instagram/@pdiperjuangan)

Guru Besar Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat, Prof Ganefri menilai Megawati Soekaernoputri pantas menerima gelar profesor Guru Besar Tidak Tetap dari Universitas Pertahanan (Unhan).

"Gelar profesor kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) dari Unhan pantas diberikan kepada Megawati," kata Ganefri dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Ganefri yang merupakan Rektor di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan atau LPTK mengaku lebih banyak melihat kiprah Megawati dalam dunia pendidikan.

Lebih lanjut, ia mengatakan secara akademis UNP telah memberikan gelar doktor honoris causa kepada Megawati dalam bidang Politik Pendidikan meliputi formulasi dan implementasi kebijakan pendidikan.

"Penganugerahan gelar ini telah melalui studi akademis yang akurat oleh tim promotor," kata Ganefri.

Sebelumnya, Megawati juga pernah menerima gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang yang berbeda-beda dari Universitas Waseda Jepang, Moscow State Institute, Korea Maritime and Ocean University, serta Universitas Padjadjaran Bandung.

Secara historis, kepemimpinan Megawati selaku presiden, telah berhasil memberi dasar hukum bagi lahirnya UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

"Sebagaimana diamanatkan konstitusi secara keseluruhan, baik isi, jiwa, dan semangat UU tersebut, merupakan pengejawantahan tuntutan jaman Reformasi 1998, terutama reformasi pendidikan yang bersifat sentralistis dan demokratis," jelas Ganefri.

Secara institusional, UU Sisdiknas memberi dasar lebih kuat bagi profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan dengan standar-standar kompetensi yang diperlukan, termasuk standar penggajian.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X