Indonesia Punya 8 Presiden Tapi Yang 'Dianggap' SAH Hanya 7, Siapa Namanya?

- Selasa, 9 Februari 2021 | 21:01 WIB
Syafruddin Prawiranegara (Istimewa)
Syafruddin Prawiranegara (Istimewa)

Taukah kamu kalau Indonesia punya 8 presiden? Pasti kamu tak akan tahu karena sejarah mencatat, hanya ada 7 Presiden di Indonesia yakni, Soekarno, Soeharto, B. J. Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo.

Lalu, siapa presiden ke-8 yang dimaksud?

Ternyata presiden yang ke-8 itu adalah presiden sementara bernama Syafruddin Prawiranegara. Ia sebenarnya bisa dibilang presiden ke-2 RI karena dulunya ia menggantikan posisi Soekarno.

-
Syafruddin Prawiranegara (Istimewa)

Jadi, pada tahun 1948, Belanda melakukan agresi militer keduanya di Indonesia. Alhasil, Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta ditangkap yang menyebabkan kekosongan pada bangku kepresidenan atau bangku pemerintahan Indonesia.

Indonesia pun akhirnya bergerak cepat untuk menggantikan posisi Soekarno yang mana digantikan oleh Syafruddin Prawiranegara. Kala itu Indonesia dengan cepat membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di Bukittinggi.

Kesigapan Indonesia ini pun patut diacungi jempol karena membuat pasukan Belanda tak bisa menjajah Indonesia untuk kedua kalinya karena Indonesia masih punya pemerintahan yang berjalan dan diakui di dunia Internasional.

Setelah Soekarno bebas, Syafruddin Prawiranegara akhirnya pun mengembalikan jabatannya tersebut ke Presiden Soekarno pada 13 Juli 1949.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X