Operasi Zebra Jakarta, Penindakan Tilang Hanya 20%

- Rabu, 28 Oktober 2020 | 13:37 WIB
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Operasi lalu lintas dengan sandi Operasi Zebra tengah berlangsung di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi selama dua pekan. Dalam operasi kali ini, pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tidak memfokuskan terhadap penindakan tilang.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan penindakan tilang dalam operasi kali ini hanya sebesar 20%. Dalam operasi kali ini, pihak kepolisian lebih mengedepankan upaya sosialisasi terkait protokol kesehatan.

"Karena Operasi Zebra Jaya saat masa pandemi Covid-19, maka persentase penegakan hukum sangat kecil, kurang lebih hanya sekitar 20%, titik berat utamanya adalah pada upaya preventif dan preemtif," kata Kombes Sambodo kepada wartawan di Jakarta, Rabu (28/10/2020)

Sosialisasi yang diberikan polisi yakni perihal protokol kesehatan. Ada pula pembagian brosur hingga masker untuk para masyarakat dalam Operasi Zebra kali ini.

"Upaya preemtif berupa edukasi, sosialisasi imbauan maupun teguran-teguran simpatik yang memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk pertama mematuhi aturan lalu lintas, serta mematuhi protokol kesehatan," beber Sambodo.

Lebih jauh Sambodo mengatakan selama Operasi Zebra yang berlangsung di Jakarta dan sekitarnya, ada sebanyak 4.000 masker gratis yang akan dibagikan oleh pihaknya kepada para pengendara. Sebanyak 4.000 masker itu dibagikan dalam kurun waktu satu hari selama Operasi Zebra berlangsung.

"Selama Operasi Zebra ini setiap hari kita akan bagikan 3.000 sampai 4.000 masker di seluruh polres-polres di jajaran wilayah hukum Polda Metro Jaya, setiap hari selama 14 hari operasi," kata Sambodo.

"Ketika menemukan warga atau masyarakat yang tidak menggunakan masker tidak kita lakukan penilangan tetapi justru kita berikan penyadaran dan kita berikan masker," pungkas Sambodo.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X