PKS Kritik Pengangkatan Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom

- Minggu, 30 Mei 2021 | 09:42 WIB
Profil Abdi Negara Nurdin saat RUPS (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.)
Profil Abdi Negara Nurdin saat RUPS (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.)

Anggota Komisi VI DPR RI Amin Ak mengkritik keputusan Menteri BUMN Erick Thohir yang mengangkat Abdee Negara atau Abdee Slank sebagai Komisaris PT Telkom Indonesia. Amin melihat pertimbangan pengangkatan ini bukan berdasarkan kompetensi namun faktor lainnya.

"Terkait pengangkatan Abdee Slank sebagai komisaris PT Telkom menurut saya pertimbangan yang digunakan oleh Menteri BUMN bukan kompetensi, tapi kontribusi pada pemenangan saat Pilpres atau kedekatan yang bersangkutan dengan Presiden Joko Widodo," kata Amin kepada Indozone, Minggu (30/5/2021).

Amin mengaku pasca Pilpres 2019 lalu banyak relawan Presiden Jokowi yang mendapatkan jabatan di BUMN. Menurutnya hal ini sudah menyalahi prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG). 

Diingkarinya prinsip-prinsip GCG ini yang menjadikan banyak BUMN kita jalannya tertatih-tatih dan menderita rugi.

Baca Juga: Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom, Denny Siregar Tidak Iri, Ngakunya: Gue Rela Banget

Di sisi lain, Politikus PKS ini menegaskan sejatinya pemberian jabatan kepada relawan atau pendukung Presiden Jokowi sebagai Direksi dan Komisaris BUMN tidak masalah. Namun harus dengan tidak mengabaikan prinsip profesionalisme agar kedepannya BUMN semakin baik.

"Dengan demikian keberadaan yang bersangkutan baik sebagai direksi atau komisaris, bukan hanya menjadi beban negara tapi benar-benar memiliki kontribusi terhadap pencapaian tujuan perusahaan," tandasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Abdi Negara Nurdin atau yang lebih dikenal dengan nama Abdee Slank dipilih menjadi salah satu Komisaris PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Hal itu ditetapkan usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2020.

Dalam rapat itu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menetapkan Bambang Brodjonegoro sebagai Komisaris Utama perusahaan yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek).

Tak hanya ada nama Abdee Slank dan Bambang, terdapat pula deretan nama-nama lain yang mengisi jabatan komisaris PT Telkom Indonesia, seperti Bono Daru Adji dan Arya Mahendra Sinulingga.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X