Israel Bangun Pemukiman Baru di Tepi Barat, Palestina Murka

- Senin, 18 Oktober 2021 | 08:24 WIB
Tentara Israel menjaga perbatasan Gaza. (REUTERS/Raneen Sawafta)
Tentara Israel menjaga perbatasan Gaza. (REUTERS/Raneen Sawafta)

Palestina mengecam pembangunan baru permukiman Israel di lahan milik Palestina di selatan Kota Nablus di Tepi Barat.

"Pembangunan permukiman baru itu mengacaukan peluang untuk berdamai berdasarkan visi solusi dua negara," kata Kementerian Luar Negeri Palestina melalui pernyataan, seperti dilansir dari Reuters, Senin (18/10/2021).

"Proyek baru tersebut meliputi pembangunan sebuah stasiun bus untuk pemukim Israel antara Ramallah dan Nablus  dalam rangka memfasilitasi mobilitas sekaligus menghubungkan jalan dengan Israel," lanjutnya.

Kemlu Palestina menambahkan bahwa permukiman baru Israel di Tepi Barat masuk ke dalam konteks upaya Israel dan mereka berpacu dengan waktu untuk mencaplok Tepi Barat.

Kementerian itu mencatatkan bahwa proyek-proyek tersebut bertujuan untuk menyabotase peluang berdirinya negara Palestina yang layak dan berdaulat, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Berdasarkan perkiraan Israel dan Palestina, sekitar 650.000 warga Israel tinggal di 164 permukiman dan 124 pos terdepan di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Permukiman Israel menjadi isu paling rumit dalam konflik Palestina-Israel, sekaligus salah satu alasan utama mengapa putaran terakhir perundingan damai langsung antara kedua belah pihak pada 2014 terhenti. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X