Sebelum Disetop, Pemprov DKI Ternyata Sudah Pakai 15 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca

- Rabu, 19 Mei 2021 | 12:30 WIB
Vaksin Covid-19 AstraZeneca. (REUTERS/Dado Ruvic)
Vaksin Covid-19 AstraZeneca. (REUTERS/Dado Ruvic)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan DKI telah menyuntikan lebih dari 15 ribu dosis vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca batch (kelompok produksi) CTMAV547.

Jumlah dosis vaksin AstraZeneca pada batch CTMAV547 tersebut telah disuntikkan kepada warga Ibu Kota sebelum penggunaannya dihentikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"No batch CTMAV547 ke DKI sudah dipakai 15.400 dosis," ucap Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI, Ngabila Salama saat dikonfirmasi, Rabu (19/5/2021).

Kendati demikian, Ngabila menyeburkan bahwa pihaknya langsung mengambil tindakan cepat untuk tak melanjutkan vaksinasi Covid-19, setelah Kemenkes memutuskan penghentian penggunaan dari vaksin AstraZeneca batch CTMAV547.

Baca Juga: Polda Lampung Bongkar Alasan Mapolsek Candipuro Dibakar Massa

"Sesuai arahan pemerintah pusat ke seluruh Indonesia bets tersebut dihold tidak didistribusi atau pun dipakai," terangnya.

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini mengatakan, vaksin AstraZeneca batch CTMAV547 tersebut masih tersimpan di gudang penyimpanan vaksin milik DKI, dan belum dikembalikan langsung ke Kemenkes.

"Sampai hasil uji toksisitas dan sterilitas BPOM keluar sekitar 14 hari. Sementara masih di DKI," tandas Ngabila.

Sebelumnya, Kemenkes memutuskan untuk menghentikan sementara vaksin Corona AstraZeneca batch CTMAV547. Vaksin tersebut kini tengah uji toksisitas dan sterilitas oleh BPOM. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X