Wacana Jabatan Presiden Tiga Periode, PAN: Jokowi Sudah Menolak, Jangan Bikin Gaduh!

- Selasa, 22 Juni 2021 | 14:16 WIB
Presiden RI, Joko Widodo. (Instagram/@sekretariat.kabinet)
Presiden RI, Joko Widodo. (Instagram/@sekretariat.kabinet)

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus mengaku heran ihwal masih adanya pihak yang mendorong kembali wacana jabatan Presiden tiga periode dan mendorong kembali Joko Widodo (Jokowi) untuk maju dalam ajang pemilihan presdien (Pilpres) 2024.

Menurut Guspardi, gerakan ini bertolak belakang dengan sikap Presiden Jokowi yang jelas menolak maju tiga kali karena bertentangan UUD 1945.

"Kala itu Jokowi menyarankan agar MPR membatalkan amendemen UUD 1945 jika usulan liar jabatan presiden 3 priode terus muncul. Secara terpisah, Ketua MPR Bambang Soesatyo pun telah menyatakan, tidak ada pembahasan di internal MPR untuk mengubah Pasal 7 UUD 1945 yang mengatur soal masa jabatan presiden," kata Guspardi kepada wartawan, Selasa (22/6/2021).

Sebelum itu, Jokowi sudah dua kali mengeluarkan pernyataan yang menolak wacana tiga periode masa jabatan seharusnya menjadi rujukan semua pihak agar jangan lagi mewacanakan Jokowi untuk dapat maju kembali di periode ketiga.

"Dan Saya tidak tahu apa motif mereka dan diklasifikasikan kelompok mana relawan Jokpro 2024 ini. Apakah kelompok ini yang dimaksud ingin menampar muka Jokowi, mencari muka atau menyeret Jokowi untuk tidak taat pada UUD 1945 atau bisa juga cari panggung dan sensasi," tuturnya.

Anggota Baleg DPR RI ini menambahkan, munculnya relawan Jokpro 2024 yang kembali mendorong masa jabatan presiden tiga priode mengkhianati cita-cita Reformasi dan tidak sesuai dengan amanat konstitusi atau UUD 1945.

Baca Juga: Anies: Kalau Tak Ditambah Minggu Lalu, Kapasitas RS Sudah Tembus 100 Persen!

Terlebih, kata Guspardi, dengan adanya wacana ini akan menghambat proses suksesi kepemimpinan dan lahirnya pemimpin baru di tingkat nasional. Di sisi lain, respon dari masyarakat juga menentang wacana presiden 3 priode ini.

"Terbukti pada Minggu 20 Juni 2021 media sosial diramaikan dengan tagar #Tangkap Qodari di Twitter. Para netizen sudah geram dengan sikap Qodari yang ngotot mewacanakan presiden Jokowi 3 periode dan menganggap Qodari sebagai pengkhianat bangsa yang melawan UUD 1945," urainya.

Maka dari itu, Guspardi meminta semua pihak jangan lagi  bermanuver dan mendorong - dorong kembali usulan presiden menjadi tiga priode dan sebaiknya wacana ini di akhiri. Pasalnya Presiden Jokowi sudah adengan tegas menolaknya sampai dua kali.

"Sudahlah dan hentikan saja wacana presiden tiga priode ini, janganlah membuat kegaduhan baru," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X