PPKM Level 4, DPRD Kalsel Imbau Masyarakat Tingkatkan Protokol Kesehatan jadi 10M

- Selasa, 27 Juli 2021 | 14:11 WIB
Anggota Komisi IV Bidang Kesra DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga membidangi kesehatan, Athaillah Hasbi dari Partai Golkar. (antaranewskalsel.com/Syamsuddin Hasan)
Anggota Komisi IV Bidang Kesra DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga membidangi kesehatan, Athaillah Hasbi dari Partai Golkar. (antaranewskalsel.com/Syamsuddin Hasan)

Anggota DPRD Kalimantan Selatan Athaillah Hasbi mengimbau kepada masyarakat dalam menghadapi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) perlu meningkatkan protokol kesehatan (prokes) dari 5M jadi 10M.

"Apalagi pemerintah daerah menyatakan PPKM level IV," katanya sebelum rapat paripurna DPRD Kalsel di Banjarmasin, Senin (26/07), seperti dilansir Antara.

Kalau selama ini penekanannya pada menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M), tambah lagi lima, sehingga menjadi 10M.

Ia mengatakan bahwa tambahan 5M tersebut, adalah mengganti baju, meningkatkan imun, menjaga sirkulasi udara, membersihkan lingkungan, dan makan makanan bergizi.

"Jika kita disiplin menerapkan 10M, insya Allah PPKM level IV atau penyebaran COVID-19 akan benar-benar berhenti, dan kita bebas dari pandemi COVID-19 secepatnya pula. Semoga," ucapnya.

Ia pun berharap, semua lapisan masyarakat untuk sabar dan tabah menghadapi PPKM level IV, serta disiplin mematuhi prokes dan ketetapan/petunjuk pemerintah.

Ia meminta kepada semua lapisan masyarakat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terutama yang berada pada PPKM level IV, seperti Banjarmasin dan Banjarbaru agar lebih bersatu dan tidak terpecah-pecah sampai kecamatan hingga kelurahan dan desa.

"Insya Allah dengan visi yang sama untuk menurunkan laju pertumbuhan dan perkembangan kasus COVID-19 akan tercapai, yaitu target memutus mata rantai penyebaran virus yang membahayakan jiwa manusia tersebut," lanjutnya.

Lebih lanjut, ia menekankan agar masyarakat terutama yang berada pada PPKM level IV mengikuti prokes dengan disiplin.

"Karena kedisiplinan mematuhi prokes akan mendukung suksesnya PPKM, dan kita bisa terbebas dari bayang-bayang atau ancaman COVID-19, serta kehidupan yang normal kembali," tuturnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X