Jadikan Warga Sipil Tameng, Video Baku Tembak TNI vs KKB Papua Serang Koramil Intan Jaya

- Senin, 12 Oktober 2020 | 12:26 WIB
Kontak senjata antara TNI dan KKB Papua. (Istimewa)
Kontak senjata antara TNI dan KKB Papua. (Istimewa)

Pos Persiapan Koramil Hitadipi di Intan Jaya diserang oleh gerombolan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) hingga terjadi insiden baku tembak dengan anggota TNI.

Insiden baku tembak ini kemudian tersebar di media sosial di mana peristiwa tersebut berlangsung  pada Minggu (11/10/2020) kemarin pada pukul 13.00 WIT.

Bagaimana kronologi insiden baku tembak itu bisa terjadi?

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kololel CZI IGN Suriastawa mengutarakan dalam laporan kepada media.

Berdasarkan keterangan tertulis itu, dia menjelaskan kalau peristiwa bermula ketika petugas yang berjaga di Pos Persiapan Koramil Hitadipa melihat adanya beberapa masyarakat yang diminta oleh KKSB Papua bergerak ke arah Pos Persiapan Koramil.

"Dalam melakukan setiap aksi terornya selalu menggunakan masyarakat Papua sebagai tameng hidupnya," kata Suriastawa dalam keterangannya.

Simak videonya:

Berikut kronologi baku tembak antara TNI dan KKSB Papua:

Pukul 13.00 WIT

KKSB memberikan tembakan ke arah Pos Koramil Hitadipa. Dari pantauan melalui teropong SPR-2, nampak ada beberapa orang masyarakat di bawah tekanan KKSB. Mereka di perintah untuk bergerak mendekati koramil.

"Masyarakat itu sengaja dijadikan tameng dengan harapan jika ada korban, TNI akan diberitakan menembak masyarakat," kata Suriastawa.

Melihat situasi tersebut TNI hanya memberi perintah tembakan peringatan berupa tembakan siraman (tembakan tidak terbidik) dengan harapan masyarakat yang di bawah tekanan KKSB tersebut menjauh dari lokasi tersebut sehingga akan terlihat jelas mana KKSB dan mana masyarakat.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X