Misa Natal di Gereja Katolik Mater Dei Diiringi Tabuhan Rebana Santri

- Rabu, 25 Desember 2019 | 17:22 WIB
ANTARA/HO Humas Pemprov Jateng
ANTARA/HO Humas Pemprov Jateng

Tabuhan rebana dari para santri dari Pondok Pesantren Roudlotul Solihin ini, beriringan dengan lantunan lagu berjudul Nandur Rukun.

Lagu yang menceritakan tentang kerukunan antar-umat beragama dan persatuan Indonesia.

Bahkan, lagu rohani yang dinyanyikan juga diiringi dengan tabuhan rebana. Aksi ini mengundang decak kagum dan tepuk tangan dari ribuan warga yang hadir dalam misa di Gereja Mater Dei.

Ganjar Pranowo yang mengendarai sepeda sembari berkeliling di sekitaran gereja, juga kagum menyaksikan kolaborasi antar umat beragama di gereja tersebut.

-
instagram/@ganjar_pranowo

"Dari perjalanan saya berkeliling gereja, hari ini paling unik. Saya disambut anak-anak menyanyi sangat bagus, sangat kompak, dengan pesan perdamaian dan persatuan. Yang menarik, penampilan anak-anak ini diiringi rebana dari salah satu Pondok Pesantren di Demak," kata Ganjar.

"Ini sederhana, tapi menggembirakan. Kita tunjukkan spirit Merah Putih, spirit persatuan Indonesia. Umat Muslim bisa ikut mangayubagya dalam perayaan Natal ini dengan suasana Indonesia banget, suasana yang lokal dan penuh nilai-nilai kultural. Ini luar biasa," tambah Gubernur Jawa Tengah itu.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Solihin KH Abdul Qodir mengatakan, aksi para santri ini guna meneguhkan semangat kebersamaan dan keberagaman, selaras dengan visi pesantren untuk mencetak santri inklusif yang mau menerima perbedaan.

"Ini salah satu wujud konkret kami untuk melaksanakan visi itu. Kami datang ke gereja ini untuk ikut mangayubagya dengan saudara-saudara Kristiani," katanya.

"Meski akan muncul pro dan kontra, namun kami lebih menekankan aspek kemanusiaan dan aspek persaudaraan karena bagi kami, misi agama itu yang terpenting adalah kemanusiaan di atas ritual dan sebagainya," ujarnya.

Di sisi lain, Pemimpin Gereja Katolik Mater Dei Romo Sugihartanto merasa bahagia saat menyambut kehadiran para santri. Ia juga berharap momen ini dapat meneguhkan semangat persaudaraan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X