PPP Menyayangkan WNA China Boleh Masuk ke Indonesia, Tapi Masyarakat Dilarang Mudik

- Sabtu, 8 Mei 2021 | 16:19 WIB
Ketua DPP PPP Achmad Baidowi. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
Ketua DPP PPP Achmad Baidowi. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)

Masuknya warga negara asing asal China ke Indonesia belakangan ini menjadi sorotan. Sekertaris Fraksi PPP Achmad Baidowi menyayangkan adanya peristiwa tersebut, padahal kondisi Indonesia sendiri sedang berjuang melawan pandemi Covid-19.

"Kami menyayangkan adanya informasi kedatangan WNA China ke wilayah Indonesia menggunakan pesawat charter dan di saat Indonesia sedang berusaha kuat keluar dari ancaman bahaya Covid-19," ujar Baidowi kepada Indozone, Sabtu (8/5/2021).

Dengan masuknya WNA asal China tersebut meskipun dengan dalih proyek strategis dan dengan dokumen resmi tetap menimbulkan pertanyaan publik. Sebab pada sisi lain pemerintah sedang berupaya mencegah Covid-19 dengan larangan mudik.

Namun kini malah WNA China yang merupakan sumber penyebaran Covid-19 malah diperbolehkan masuk ke dalam negeri.

Baca Juga: Klarifikasi Jubir Presiden: Bipang Makanan Kesukaan Saya Sejak Kecil Sampai Sekarang

"Pada sisi lain pemerintah melarang mudik untuk membatasi pergerakan manusia agar bisa mencegah penukaran Covid-19. Anehnya justru WNA China yang di negaranya menjadi sumber penyebaran Covid-19 justru boleh datang ke Indonesia," bebernya.

Atas dasar itu, pria yang akrab disapa Awiek ini menilai pihak terkait seperti Kemenlu, Kemenkumham dan Satgas Covid harus berkoordinasi dengan baik untuk sementara waktu melakukan pencegahan terhadap WNA.

Hal ini dilakukan agar tercipta keadilan perlakukan di saat masyarakat di larang mudik. Jika alasannya WNA tersebut dalam kondisi sehat saat datang ke Indonesia bukankah masyarakat yang hendak mudik juga dalam keadaan sehat.

"Kesehatan masyarakat harus menjadi prioritas untuk menangani covid-19, jika masyarakat sudah sehat maka pemulihan ekonomi akan segera tuntas," tandasnya.

Artikel menarik lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X