Puan Maharani: 5 Hari Kedepan Krusial, PPKM Darurat Jangan Kendur!

- Rabu, 21 Juli 2021 | 11:43 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (Dok. Tim Puan).
Ketua DPR RI Puan Maharani (Dok. Tim Puan).

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021 mendatang. Hal ini sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (20/7/2021).

Ketua DPR RI Puan Maharani menekankan, lima hari ke depan adalah masa-masa krusial dalam penerapan PPKM Darurat. Di mana akan menentukan apakah Indonesia bisa cepat keluar dari gelombang kedua pandemi Covid-19 ini.

“Lima hari ke depan adalah masa-masa krusial yang menentukan apakah Indonesia bisa cepat keluar dari gelombang kedua Covid-19 atau tidak,” ucap Puan, Rabu (21/7/2021).

Maka dari itu, kata Puan, penerapan PPKM Darurat selama lima hari ke depan haruslah semakin ketat. Dia pun mengibaratkan ujain sekolah, supaya hasilnya baik maka disiplin adalah kunci utamanya.

“Ibarat ujian sekolah, lima hari ke depan adalah ujian penting yang harus kita sikapi dengan disiplin belajar yang ketat, supaya mendapat hasil baik setelahnya. Bukan malah kendur,” jelas Politisi PDIP ini.

Baca Juga: 1.324 Pasien Covid-19 Kota Bogor Dinyatakan Sembuh, Kadis Kesehatan: Seluruhnya 21.624

Mantan Menko PMK ini berkata, rencana pelonggaran pembatasan pada 26 Juli 2021 jika tren penularan menurun di masa PPKM darurat jangan dijadikan alasan aparat pemerintah untuk melonggarkan penegakan aturan PPKM Darurat di lapangan.

“Begitu juga masyarakat, jangan dijadikan alasan untuk megendurkan protokol kesehatan. Jika itu yang terjadi, kondisi penularan pasti akan sangat mengerikan, dan PPKM Darurat selama ini diberlakukan akan berujung sia-sia,” imbau Puan.

Puan mengatakan, lima hari krusial ke depan ini juga harus disikapi pemerintah dengan menyajikan data-data kasus penularan yang riil dengan memperbanyak jumlah testing dan tracing di lapangan.

Sebab, kata dia, seperti disampaikan Pak Jokowi, rencana perlonggaran 26 Juli 2021 akan sangat bergantung pada turunnya angka penularan. Selain itu, Puan juga mendorong pencairan bantuan pemerintah agar cepat ke tangan masyarakat.

“Kalau bantuan sudah di tangan, masyarakat akan cenderung membatasi mobilitasnya keluar rumah,” tutup dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X