The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral Kerumunan Acara Ultah Khofifah, Epidemiolog Beri Peringatan Ledakan Covid-19
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa. (Instagram/khofifah.ip)
News

Viral Kerumunan Acara Ultah Khofifah, Epidemiolog Beri Peringatan Ledakan Covid-19

Harusnya sebagai contoh.

Sabtu, 22 Mei 2021 11:49 WIB 22 Mei 2021, 11:49 WIB

INDOZONE.ID - Ahli Epidemiologi dari Griffith University Australia Dicky Budiman menyayangkan adanya kerumunan yang terjadi pada pesta ulang tahun Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang viral di media sosial.

Dicky memperingatkan bahwa saat ini, Indonesia berpotensi besar menuju situasi kritis seperti India dan Brasil akibat akumulasi selama satu tahun terdampak pandemi Covid-19, dan pasca terjadinya mudik Lebaran.

Oleh sebab itu, dengan kondisi rawan seperti itu, ia menilai berbagai macam kerumunan, ataupun kerumunan sangat berisiko terjadinya ledakan kasus Covid-19 pada suatu wilayah.

"Dalam kondisi rawan seperti ini, segala macam keramaian, kerumunan, itu akan sangat berisiko menjadi pencetus ledakan kasus di provinsi, di wilayah," ucap Dicky kepada Indozone, Sabtu (22/5/2021).

BACA JUGA: Peristiwa 22 Mei: Kelahiran Sir Arthur Conan Doyle hingga Meninggalnya Ainun Habibie



Lebih lanjut, Dicky pun menyinggung mengenai pejabat publik, seperti Khofifah yang seharusnya bisa menjadi contoh dalam penerapan protokol kesehatan. Apalagi sebelumnya, pemerintah telah menggembor-gemborkan larangan mudik.

"Di sinilah sekali lagi kita ini, perlu sekali memberikan contoh nyata. Dalam hal ini, ya tentu role model ini harus diberikan oleh tokoh-tokoh publik, pejabat publik," terangnya.

"Jadi tidak apik dan tidak elok rasanya kalau kita menuntut orang, masyarakat tidak mudik, tidak berkerumun tapi kita sendiri tidak memberi contoh, karena ya ini akan melunturkan trust publik juga," tandas Dicky.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Utami Evi Riyani
Sarah Hutagaol
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US