The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tracing Pemudik di Jaktim, Polda Metro Swab Antigen Sejumlah Orang
Kunjungan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Kampung Tangguh, Kampung Makasar, Jakarta Timur. (Dok Istimewa)
News

Tracing Pemudik di Jaktim, Polda Metro Swab Antigen Sejumlah Orang

Hasilnya negatif.

Jumat, 21 Mei 2021 22:02 WIB 21 Mei 2021, 22:02 WIB

INDOZONE.ID - Kampung Tangguh Jaya besutan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang terletak di Kampung Makasar, Jakarta Timur menjadi salah satu lokasi tracing Covid-19 kepada para pemudik yang baru kembali ke Jakarta.

Pada hari ini, Polda Metro Jaya pun melakukan swab antigen kepada pemudik di Kampung Makasar. Pelaksanaan swab antigen itu berlangsung pagi hari tadi. Di Kampung Tangguh tersebut, polisi menemukan ada tiga rumah yang penghuninya baru kembali usai mudik.

Baca juga: 6 Tahun Pacaran Tak Direstui Orangtua, Cewek Ini Diputusi saat Kekasih Sudah Sukses

Dari ketiga rumah tersebut, terdapat enam orang di rumah tersebut. Keenam orang itu berhasil lolos dari pos penyekatan dan dilakukan pengecekan di rumahnya masing-masing. Polisi pun langsung melakukan swab antigen ke enam orang tersebut dan hasilnya negatif.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam kunjungnya di Kampung Tangguh tersebut meminta masyarakat bisa menditeksi dini jika ada masyarakat yang terpapar virus corona.

"Kalaupun ada yang terpapar kita harus mampu dengan segera memisahkan atau mendatakan dan melaksanakan tracing, treatment kepada para pemudik yang terpapar Covid-19. Sehingga kemudian jangan sampai mereka keburu berinteraksi dengan tetangganya baru kemudian diketahui," kata Kombes Sambodo kepada wartawan di Kampung Tangguh, Kampung Makasar, Jakarta Timur, Jumat (21/5/2021).

Selain itu, bagi pemudik yang belum kembali ke Jakarta, rumahnya akan ditempeli stiker warna kuning. Di dalam stiker itu ada intstruksi kepada warga tersebut agar segera menghubungi nomor Satgas Covid-19 yang tertera di stiker setelah tiba di Jakarta, guna dilakukan tes kesehatan.

Sedangkan warga yang sudah diperiksa dan dinyatakan negatif, maka akan ditempeli stiker berwarna hijau. Kemudian, warga yang positif Covid-19, maka rumahnya akan ditandai dengan stiker merah.

Sambodo menegaskan pihaknya sudah berusaha melakukan tracing dengan cara melakukan penyekatan dan swab antigen ke para pemudik yang kembali ke Jakarta.

"Pemeriksaan kepada pemudik yang kembali ke Jakarta dilaksanakan berlapis-lapis. Lapis pertama di titik keberangkatan. Jadi sejak awal kita PMJ Kodam Jaya sudah mengimbau pemudik yang kembali ke Jakarta harus membawa surat bebas Covid-19. Saringan keduanya adalah di pintu masuk Jakarta," pungkas Sambodo.

Artikel menarik lainnya

TAG
Susi Fatimah
Samsudhuha Wildansyah
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US