Baliho Puan Maharani Makin Masif, Persiapan Menyambut Pilpres 2024?

- Minggu, 20 Juni 2021 | 15:05 WIB
Baliho Puan Maharani di Jawa Timur (Dok. PDIP)
Baliho Puan Maharani di Jawa Timur (Dok. PDIP)

Pengamat politik sekaligus peneliti Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam menilai munculnya baliho-baliho Ketua DPR RI Puan Maharani yang makin masif di beberapa daerah, berefek positif pada tahun 2024.

"Banyak orang tahun 2024 ada Pemilihan Presiden, dan baliho yang dipasang akan berdampak baik karena secara tidak langsung ikut mengampanyekan," ujar Surokim Abdussalam, dikutip dari Antara, Minggu (20/6/2021).

Diketahui, sekarang baliho-baliho bergambar Puan Maharani makin mudah terlihat di beberapa titik di sejumlah daerah di Jawa Timur.

Menurut Surokim, baliho yang mayoritas berukuran besar bertuliskan "Mbak Puan" itu berhasil menghidupkan kembali semangat gotong royong sebagaimana semboyan PDI Perjuangan.

-
Puan Maharani (ANTARA FOTO/Fauzan)

Hal itu mengingat, kata dia, baliho-baliho dipasang oleh simpatisan serta pendukung PDI Perjuangan di tingkat akar rumput.

"Partisipasi kader arus bawah PDI Perjuangan untuk gotong royong membuat baliho Mbak Puan akan makin positif efeknya untuk Pilpres," ucap Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura tersebut.

Jika aksi pasang baliho puan kian masif bukan tidak mungkin elektabilitas Puan Maharani bakal makin naik, menurut Surokim.

"Tinggal bagaimana Mbak Puan berupaya terus mendorong gotong royong di arus bawah partai. Bukan hanya mendorong yang sudah ada, melainkan juga menciptakan gotong royong baru," katanya.

Namun, Surokim berpendapat bahwa paya mendorong semangat gotong royong tersebut memang tidak akan mudah dan bukan tidak mungkin menemui banyak kendala.

Namun, Puan Maharani harus menciptakan momentum jika dia benar-benar ingin maju dalam Pilpres 2024, terlebih dia menyandang status sebagai anak Megawati Soekarnoputri.

"Tentu itu tidak mudah karena akan tergantung pada banyak variabel. Akan tetapi, momentum itu tidak boleh ditunggu, tetapi harus diciptakan jika ingin kompetitif," tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X