Cerita anggota KKB Ingin Kembali ke NKRI, Tak Tahan Diburu TNI, Namun Bernasib Tragis

- Kamis, 6 Mei 2021 | 19:43 WIB
Ilustrasi anggota KKB (Istimewa)
Ilustrasi anggota KKB (Istimewa)

Tidak tahan selalu diburu oleh TNI, anggota Kelompok Kekerasan Bersenjata (KKB) ini memutuskan untuk kembali bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mantan anggota KKB tersebut diketahui bernama Tendinson Enumbi. Ia berharap kembalinya ia ke Indonesia dapat membuat hidupnya lebih tenang dibanding saat bergabung dengan KKB.

Selama bergabung dengan KKB ia merasa hidupnya tidak tenang dan ingin kembali menjalani kehidupan yang normal seperti masyarakat pada umumnya.

Upaya kembalinya Tendinson Enumbi ini juga merupakan hasil pendekatan yang dilakukan oleh aparat TNI dari Kodim 1714/Puncak Jaya.

Kapendam XVII/Cendrawasih, Kolonel Eko Daryanto mengatakan, dalam proses pendekatan itu, Tendinson mengatakan dirinya tak tahan lagi hidup terus terusan bersembunyi.

Dengan upaya persuasif yang dilakukan TNI, ia akhirnya kembali bergabung ke pangkuan NKRI dengan upacara simbolis penyerahan senjata.

Namun nasib berkata lain, sebelum ia sempat menjalani upacara penyerahan senjata secara simbolis yang saat itu dijadwalkan pada tanggal 22 Juni 2020, ia tewas tertembak oleh senjatanya sendiri.

Peristiwa itu terjadi di Kali Mewoluk. Ketika itu, ia terjatuh dalam perjalanan menuju kota Mulia, di Kabupaten Jaya pada 18 Juni 2020. 

Saat itu senjata yang ia bawa secara tidak sengaja menembak bagian pinggang dan betis kanannya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X