Belasan Penambang Emas Ilegal Tertimbun Longsor, Tujuh Orang Meninggal Dunia

- Selasa, 11 Mei 2021 | 11:28 WIB
Area tambang yang tertimbun longsor (Antara)
Area tambang yang tertimbun longsor (Antara)

Sebanyak 16 orang penambang liar ditemukan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan setelah tertimbun material longsor yang terjadi di kawasan Timbahan, Kecamatan Sangir Batang Hari, Solok Selatan pada Senin (10/5/2021).

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Solok Selatan Romi Afrizal mengatakan, dari 16 korban yang ditemukan, tujuh orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia, sedangkan 9 orang lainnya mengalami luka-luka.

Romi menyebutkan, diperkirakan terdapat satu orang lagi korban tertimbun longsor yang saat ini masih dalam tahap pencarian.

"Yang menjadi kendala di lapangan katanya, kondisi jalan yang susah dilalui dan evakuasi harus dilakukan secara manual," ungkapnya.

Selain itu katanya, tumpukan batu berukuran besar yang menimbun lokasi juga menyulitkan tim dalam melakukan penggalian.

"Kondisi saat ini penggalian harus menggunakan alat berat karena banyak batu berukuran besar yang tidak mungkin dipindahkan secara manual," ujarnya.

Dia menambahkan, curah hujan yang tinggi dari Minggu (9/5/2021) sore sampai dini hari mengakibatkan bukit di sekitar tambang emas liar longsor dan menimbun penambang di Timbahan sekitar pukul 7.30 WIB.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X