Pemerintah Akan Bangun Masjid Nabawi Versi Lokal di Indramayu

- Jumat, 5 Februari 2021 | 09:52 WIB
Ilustrasi Masjid Nabawi. (Unsplash/@yasmine_photo)
Ilustrasi Masjid Nabawi. (Unsplash/@yasmine_photo)

Pemerintah dikabarkan akan membangun masjid dengan menggunakan desain ala Masjid Nabawi di Asrama Haji Indramayu, Jawa Barat. Pembangunan masjid ini adalah bagian dari proyek revitalisasi Asrama Haji Indramayu menjadi pusat wisata religi.

Bukan cuma Masjid, di kawasan Asrama Haji itu juga akan dibangun museum haji dan rumah sakit.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Oman Fathurahman mengatakan bahwa desain eksterior dan interior gedung di asrama haji memadukan unsur Islam dan kearifan lokal.

"Desain bangunan masjid akan dibuat layaknya miniatur Masjid Nabawi, plus motif budaya Jawa Barat," ujar Oman dilansir oleh kemenag.go.id, Jumat (5/2/2021).

Selain itu, Oman mengatakan bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sudah menyatakan kesediaannya untuk terlibat dalam pembuatan desain masjid ini. Seperti diketahui, Ridwan Kamil telah menjadi arsitek sejumlah masjid dan museum monumental di Indonesia.

"Paduan unsur Islam dan motif budaya Jawa Barat di masjid ini pun ide dari Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil)," terang Oman.

Osman mengungkapkan, Ridwan Kamil memang banyak memberikan masukan soal desain bangunan Asrama Haji Indramayu dalam pertemuan mereka di Bandung pada Kamis (4/2/2021).

Bahkan, pemerintah Jabar sudah memberikan bantuan dana terkait pembangunan masjid tersebut.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X