Peristiwa 5 April: Si Unyil Tayang Perdana dan Meninggalnya Kurt Cobain

- Senin, 5 April 2021 | 09:30 WIB
Si Unyil. (Wikipedia).
Si Unyil. (Wikipedia).

Berbagai peristiwa penting pernah terjadi di tanggal 5 April yang jatuh hari ini. Kali ini Indozone mencoba mengumpulkan empat contoh peristiwa sejarah yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Salah satu contohnya adalah peristiwa insiden Tiananmen di Beijing dan tanggal kematian Kurt Cobain dari Nirvana. Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Senin (5/4/2021).

1. Winston Churchill mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri Britania Raya karena alasan kesehatan (1955).

-
Sir Winston Churchill. (Wikipedia).

Sir Winston Leonard Spencer-Churchill adalah seorang politikus, perwira militer, dan penulis Britania Raya. Ia merupakan Perdana Menteri Britania Raya dari tahun 1940 hingga 1945, ketika ia memimpin Britania meraih kemenangan dalam Perang Dunia Kedua, dan menjabat lagi dari tahun 1951 hingga 1955. Churchill mewakili lima konstituensi selama kariernya sebagai Anggota Parlemen (MP).

Setelah kekalahan Partai Buruh pada Pemilu 1951, Churchill kembali menjabat jabatan Perdana Menteri. Pada tahun 1953, Winston Churchill dianugerahi dua gelar kehormatan. Dia dikaruniakan gelar Sir menjadi Sir Winston Churchill dan dianugerahkan Nobel dalam penulisan untuk kepakarannya dalam penulisan riwayat dan sejarah dan juga kepintarannya berbicara dalam mempertahankan nilai kemanusiaan yang tinggi. 

Serangan stroke pada Juni 1953 memyebabkan Winston Churchill lumpuh sebelah kiri. Winston Churchill bersara disebabkan kesehatan pada 5 April 1955 tetapi mempertahankan jabatannya sebagai Chancellor bagi Universitas Bristol.

2. Gerakan Lima April atau Insiden Tiananmen di Beijing, Tiongkok (1976).

-
Monumen di Tiananmen Beijing. (Wikipedia).

Insiden Tiananmen adalah aksi protes massal yang berlangsung pada tanggal 5 April 1976, di Lapangan Tiananmen di Beijing, Tiongkok. Insiden itu terjadi pada hari berkabung tradisional, Festival Qingming, setelah Insiden Nanjing, yang dipicu oleh kematian Perdana Menteri Zhou Enlai awal tahun itu. Beberapa orang sangat tidak setuju dengan penghapusan pajangan berkabung, dan mulai berkumpul di Alun-alun untuk memprotes otoritas pusat di bawah naungan Geng Empat, yang memerintahkan agar Alun-alun dibersihkan.

Peristiwa itu diberi label sebagai kontrarevolusioner segera setelah kejadian itu oleh Komite Sentral Partai Komunis dan berfungsi sebagai pintu gerbang ke pemecatan dan tahanan rumah saat itu. Wakil Perdana Menteri Deng Xiaoping, yang dituduh merencanakan acara tersebut, sementara dia bersikeras bahwa dia datang ke Lapangan Tiananmen hanya untuk potong rambut. Keputusan Komite Sentral tentang acara tersebut dibatalkan setelah Revolusi Kebudayaan berakhir, karena kemudian secara resmi dielu-elukan sebagai tampilan patriotisme.

Baca Juga: Kawasan Nusa Dua Bali Dipastikan Siap Sambut Pembukaan Pariwisata Kembali

3. Film boneka Si Unyil mulai ditayangkan di TVRI (1981).

-
Film 'Si Unyil' (Wikipedia).

Si Unyil adalah film seri televisi Indonesia produksi PPFN yang mengudara setiap hari Minggu pagi di stasiun TVRI dimulai pada tanggal 5 April 1981 sampai 1993. Film ini ditujukan kepada anak-anak, film seri boneka ini menceritakan tentang seorang anak Sekolah Dasar bernama Unyil dan petualangannya bersama teman-temannya. Kata "Unyil" berasal dari "mungil" yang berarti "kecil".

Si Unyil telah menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari budaya populer di Indonesia, dan banyak orang tidak dapat melupakan berbagai unsur seri ini, mulai dari lagu temanya yang dimulai dengan kata-kata "Hom-pim-pah alaiyum gambreng!" sampai tokoh-tokoh seperti Pak Raden dan Pak Ogah dan kalimat seperti "Cepek dulu dong!" Saat ini boneka-boneka si Unyil telah menjadi koleksi Museum Wayang di Jakarta.

4. Personel Nirvana, Kurt Cobain Dinyatakan Tewas Oleh Forensik Setelah DItemukan Tak Bernyawa 3 Hari Kemudian (1994).

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X