BMKG Prakirakan Hujan Lebat Disertai Angin Terjadi di Beberapa Daerah Hari Ini

- Rabu, 19 Mei 2021 | 09:46 WIB
Ilustrasi petir. (Pexels/Andre Furtado)
Ilustrasi petir. (Pexels/Andre Furtado)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan melanda sejumlah daerah di Indonesia hari ini. Hujan lebat juga dapat disertai dengan kilat atau petir.

Dilansir dari Antara, Rabu (19/5/2021), daerah-daerah yang berpotensi hujan hari ini meliputi Bangka Belitung, Banten, Gorontalo, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Papua Barat.

Sementara DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan berpotensi mengalami hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Di Papua, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Selain itu, Nusa Tenggara Barat perlu mewaspadai tinggi gelombang yang mencapai dua meter atau lebih di Selat Lombok bagian Selatan, Selat Alas bagian Selatan, Samudera Hindia Selatan Nusa Tenggara Barat dan Selat Sape bagian Selatan.

Sedangkan Nusa Tenggara Timur diimbau mewaspadai potensi angin kencang di Pulau Timor, Pulau Rote, Pulau Sabu dan Pulau Sumba.

BACA JUGA: EKSKLUSIF! TPNPB-OPM Akui Serang 2 TNI Hingga Tewas di Yahukimo dan Rampas Senjata

Kemudian, potensi hujan lebat disertai petir berpeluang terjadi di Laut Natuna, Perairan Utara Halmahera, Perairan Kepulauan Sangihe - Talaud, dan Laut Flores bagian Barat.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi yakni 2,5-4 meter antara lain di Laut Banda utara bagian barat, Perairan Tanimbar, Perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Jawa Tengah, Perairan utara Sabang, Selat Sunda bagian selatan, Teluk Lampung bagian selatan, Perairan Bengkulu, Perairan barat Siberut, Samudera Hindia selatan Bali, Samudera Hindia selatan Nusa Tenggara Barat, Perairan timur Enggano, Perairan barat Lampung, dan Perairan utara Wakatobi bagian timur.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X