The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menko PMK: Menyeberang dari Pulau Sumatera ke Jawa Harus Bebas dari Covid-19
Petugas kepolisian memeriksa dokumen pengendara di Pelabuhan Merak di pintu Gerbang Tol Merak, Banten. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
News

Menko PMK: Menyeberang dari Pulau Sumatera ke Jawa Harus Bebas dari Covid-19

Harus benar-benar sehat.

Senin, 17 Mei 2021 08:22 WIB 17 Mei 2021, 08:22 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menegaskan, masyarakat yang akan menyebrang ke Pulau Jawa dari Pulau Sumatera harus dipastikan benar-benar aman dari Covid-19.

Hal tersebut dikatakannya saat melakukan kunjungan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Provinsi Lampung, pada Minggu (16/5/2021).

"Sangat penting diperiksa mulai dari daerah, dan itu perlu koordinasi dengan Polda, Kodam, Polres, Danrem. Itu betul-betul menjadi kunci. Upayakan yang berangkat itu benar-benar sehat," ungkap Muhadjir dalam keterangannya, Senin (17/5/2021).

Sementara itu, Menhub Budi Karya menerangkan, berdasarkan data, pada kesempatan lebaran masyarakat yang menyeberang dari Pelabuhan Merak, Banten ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung sebanyak 440 ribu orang dan diperkirakan yang kembali ke Jawa jumlahnya akan sama.

Guna menghindari penumpukan masyarakat di Pelabuhan Bakauheni, Menhub meminta agar masyarakat yang akan menyebrang ke Jawa untuk melakukan swab antigen di daerah asal keberangkatannya.

"Kalau dia dari Sumatera Barat ya di Sumatera Barat, dari Aceh ya di Aceh. Kalau dari Sumatera Selatan ya di Sumatera Selatan. Karena kita menghindari penumpukan di sini," paparnya.

Menhub berharap, seluruh Pemda di wilayah Sumatera dapat berkoordinasi bersama dengan TNI dan Polri untuk menginformasikan kepada masyarakat yang akan menyeberang ke Jawa untuk mempersiapkan swab antigen.

“Sebagai syarat untuk menyeberang agar tidak terhambat dalam perjalanannya,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US