PDIP Tolak Jokowi 3 Periode & Perpanjangan Masa Jabatan: Sejak Awal Taat Konstitusi

- Sabtu, 18 September 2021 | 12:37 WIB
kiri: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Istimewa) / kanan: Presiden Jokowi (Instagram/jokowi)
kiri: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Istimewa) / kanan: Presiden Jokowi (Instagram/jokowi)

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut PDIP dan Presiden Jokowi menolak wacana soal presiden 3 periode dan juga menolak perpanjangan jabatan presiden lebih dari 10 tahun karena Covid-19.

"PDI Perjuangan sejak awal taat pada konstitusi dan Pak Jokowi sudah menegaskan berulang kali. Karena ketika Bapak Jokowi dilantik sebagai presiden, salah satu sumpahnya di jabatan itu menegaskan untuk taat kepada perintah konstitusi dan menjalankan konstitusi dengan Undang-undang dengan selurus-lurusnya," kata Hasto, Sabtu (18/9).

"Sehingga tidak ada gagasan dari PDI Perjuangan tentang jabatan presiden tiga periode atau perpanjangan masa jabatan," sambungnya.

Disinggung soal siapa capres yang akan diusung PDIP 2024, Hasto menyebut itu adalah hak prerogatif Ketum Megawati Soekarnoputri. Ia menegaskan jika PDIP takkan menjadikan elektabilitas seseorang sebagai tolak ukur.

"Untuk menjadi presiden, banyak faktornya. Dan bagi Bu Mega hal tersebut juga dilakukan dengan kontemplasi, memohon petunjuk Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT. Karena itulah tradisi itu dijalani Bu Mega. Dalam kongres juga disebutkan itu hak prerogatif Bu Mega sehingga pada waktunya pasti diumumkan calonnya," katanya.

Hasto menilai, Jokowi adalah pemimpin yang merakyat dan mampu bekerja dengan baik. Namun, PDIP menjalankan pekerjaan bukan semata soal sosok, tetapi untuk melanjutkan kepemimpinan yang akan ditinggalkan Jokowi nantinya. Hasto mengatakan, PDIP justru ingin melanjutkan pembangunan yang dilakukan di masa Jokowi bisa menjadi haluan negara.

"Kita punya jejak sejarah pada abad ketujuh, yaitu pembangunan Candi Borobudur. Itu dibangun seratus tahun. Kami pun menginginkan pembangunan negara berkelanjutan. Kalau dulu bisa, mengapa sekarang tidak bisa. Sekarang karena kita tidak punya haluan, maka ganti kepemimpinan, berganti juga kebijakannya," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X