Video Ngerinya Banjir Eropa: Mobil Hanyut, Ratusan Orang Tewas

- Minggu, 18 Juli 2021 | 21:43 WIB
Banjir di Jerman (REUTERS/Thilo Schmuelgen)
Banjir di Jerman (REUTERS/Thilo Schmuelgen)

Banjir parah menerjang beberapa negara di Eropa sekaligus. Mulai dari Jerman, Belgia, Belanda dan Austria direndam oleh banjir. Banjir beraliran deras ini menghanyutkan mobil, merusak bangunan dan membuat ratusan orang kehilangan nyawa.

Berdasarkan laporan Minggu (18/7/2021), banjir menyebabkan 183 orang tewas di Jerman dan Belgia. Korban dikhawatirkan akan terus bertambah, apalagi sekitar 1.300 warga masih hilang belum ditemukan.

Dilansir Sky News, petugas setempat bergegas mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman, terutama di daerah dekat bendungan.

Gubernur Rhineland-Palatinate Malu Dreyer menuding perubahan iklim sebagai penyebab banjir besar tersebut. Pakar iklim mengungkapkan daerah barat Eropa diguyur hujan dengan intensitas setara dua bulan, yang turun dalam dua hari saja.

"Perubahan iklim bukan lagi isu abstrak. Kita mengalaminya secara menyakitkan," ujar Dreyer.

Jerman sendiri mengerahkan sekitar 15 ribu tim gabungan untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan korban banjir. Sementara itu, di Belanda Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima mengunjungi kota Valkenburg untuk memberi bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Pusat bantuan sudah didirikan untuk menampung para pengungsi bencana banjir di Belanda.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X